Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Untuk Bepergian Saat PPKM Darurat. Pemerintah mewajibkan penumpang seluruh moda transportasi untuk menyertakan sertifikat vaksin covid-19 saat melakukan perjalanan jarak jauh di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat pada 3-20 Juli 2021.

Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Untuk Bepergian Saat PPKM Darurat

Selain harus memiliki sertifikat vaksin covid-19, penumpang pesawat terbang tetap harus menunjukkan hasil negatif dari pemeriksaan menggunakan skema PCR. Sedangkan penumpang moda lain perlu melampirkan hasil negatif dari pemeriksaan tes antigen.



Sertifikat vaksin covid-19 bisa didownload oleh masyarakat yang sudah mengikuti vaksinasi. Setelah vaksin, biasanya peserta akan mendapatkan SMS dari nomor 1199.

Peserta vaksin tinggal membuka situs www.pedulilindungi.id yang tercantum dalam SMS dari 1199. Dokumen sertifikat vaksin covid-19 akan tersedia dan tinggal diunduh atau disimpan ke memori penyimpanan di ponsel peserta vaksin.

Jika tidak mendapat SMS namun sudah mengikuti vaksin, peserta bisa langsung mengunjungi situs pedulilindungi.id. Pilih menu register untuk mendaftar. Lalu masukkan nama lengkap, nomor ponsel, dan setujui opsi ‘Buat Akun’.

Selanjutnya masukkan kode OTP sesuai yang diterima di ponsel. Setelah masuk, pilih menu yang menampilkan nama peserta vaksin dan pilih menu ‘Sertifikat Vaksin’ dan ‘Buka Sertifikat’.

Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Untuk Bepergian Saat PPKM Darurat




Peserta vaksin akan diminta memasukkan kembali NIK, kemudian tekan fitur nama peserta vaksin. Pilih sertifikat vaksin pertama dan kedua lalu unduh dan simpan di memori ponsel. Maka sertifikat vaksin covid-19 Anda sudah bisa digunakan untuk melengkapi syarat perjalanan jarak jauh.


Read previous post:
PPKM Darurat Jawa Bali
Aturan dan Sanksi PPKM Darurat Jawa Bali

Close