Cara Daftar PIP Kemdikbud 2022 Siswa SD, SMP, SMA Cair Sampai Rp 1 Juta Online di pip.kemdikbud.go.id. Bantuan siswa sekolah dari Kemdikbud masih cair di tahun ini. Jutaan anak usia sekolah dapat bantuan uang tunai lewat Program Indonesia Pintar (PIP). Pemerintah upayakan agar anak-anak usia sekolah dapat menempuh pendidikan meskipun mengalami kesulitan ekonomi, salah satu upaya yang dilakukan yakni pemberian PIP 2022.

Bantuan Program Indonesia Pintar atau PIP Kemdikbud 2022, hingga saat ini masih terus dicairkan kepada siswa sekolah dengan nominal hingga Rp1 juta per siswa. Simak cara daftar dan cek penerima PIP Kemdikbud 2022 untuk mendapatkan bantuan hingga Rp 1 juta.


Cara Daftar PIP Kemdikbud 2022 Siswa SD, SMP, SMA Cair Sampai Rp 1 Juta Online di pip.kemdikbud.go.id

Simak cara cek data penerima bantuan PIP 2022 online pakai NISN di pip.kemdikbud.go.id. Bantuan pendidikan cair sampai Rp1 juta ke siswa SD, SMP, SMA, dan SMK.

Anda bisa cek data penerima PIP 2022 dengan cara online di laman pip.kemdikbud.go.id. Dana batuan pendidikan siswa sekolah SD, SMP, SMA, SMK, cair sampai Rp1 juta.

Baca Juga :  Cek Daftar Beasiswa PIP Kemdikbud 2022 di Link pip.kemdikbud.go.id

PIP atau Program Indonesia Pintar merupakan program bantuan pendidikan dari Kemdikbud yang cair satu kali dalam setahun. Bantuan ini diberikan dalam bentuk uang tunai agar bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan siswa.

Besaran PIP 2022 tidak sama untuk tiap jenjang pendidikan. Siswa sekolah jenjang SD sederajat akan dapat bantuan Rp450 ribu per tahun dan siswa SMP sederajat dapat Rp750 ribu per tahun.

Sementara itu, siswa jenjang SMA dan SMK akan dapat Rp1 juta per tahun. Penyaluran PIP 2022 dilakukan dengan transfer langsung ke rekening milik siswa.

Cara Daftar PIP Kemdikbud 2022 Siswa SD, SMP, SMA Cair Sampai Rp 1 Juta Online di pip.kemdikbud.go.id

Perlu diketahui bahwa PIP 2022 diberikan kepada siswa sekolah baik mereka yang tercatat di sekolah formal maupun non formal. Mengingat jumlah penerima PIP 2022 ada jutaan siswa, maka pencairan dilakukan bertahap.

Kemdikbud bagi penyaluran PIP dalam 3 tahap yang ditentukan berdasarkan data nama penerima berasal, misalnya data yang bersumber dari DTKS, data bersumber dari Dinas Pendidikan hingga data dari Dapodik.

Meskipun cair dalam 3 tahap, siswa dengan status penerima tetap hanya dapat pencairan PIP 2022 satu kali dalam setahun, namun waktu pencairannya bisa berbeda-beda.

Baca Juga :  KODE REDEEM PUBG 14 September 2022 Skin Keren Segera Klaim Terbaru Valid

Inilah penjelasan cara cek penerima bantuan PIP 2022 online di pip.kemdikbud.go.id :

1. Buka aplikasi peramban di HP

2. Pergi ke link pip.kemdikbud.go.id/home_v1

3. Swipe ke bawah sampai temukan kolom pencarian penerima PIP

4. Isi data NISN dan NIK siswa ke kolom yang tersaji

5. Isi hasil perhitungan sesuai gambar

6. Klik ‘Cek Penerima PIP’

Cara Daftar PIP Kemdikbud 2022 Siswa SD, SMP, SMA Cair Sampai Rp 1 Juta Online di pip.kemdikbud.go.id

Adapun berikut cara daftar PIP Kemdikbud 2022 dengan nominal bantuan hingga Rp1 juta secara offline menggunakan KIP atau KKS asli milik siswa dan orang tuanya:

1. Menunjukkan KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) jika siswa tidak memiliki KIP, kepada lembaga pendidikan yang menyalurkan bantuan tersebut.

2. Jika siswa penerima tidak mempunyai KKS atau juga KIP, maka orang tua siswa harus langsung meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) kepada pihak kantor kelurahan.

3. Sertakan juga surat KKS dari orang tua siswa untuk memverifikasi data dari penerima PIP Kemdikbud 2022, yang akan didaftarkan di lembaga pendidikan siswa sekolah.

Baca Juga :  Bantuan PIP Kemdikbud 2022 Cair ke 17,9 Juta Siswa SD/SMK Tahun 2022, Cek Namamu di pip.kemdikbud.go.id

Cara Daftar PIP Kemdikbud 2022 Siswa SD, SMP, SMA Cair Sampai Rp 1 Juta Online di pip.kemdikbud.go.id

Untuk tambahan informasi, berikut penjelasan lengkap kategori siswa dan besaran dana PIP Kemdikbud 2022 yang masih disalurkan:

1. Kategori bantuan untuk jenjang siswa SD/MI/Paket A sederajat Rp450.000 per satu tahunnya.

2. Kategori bantuan untuk jenjang siswa SMP/MTS/Paket B sederajat Rp750.000 per satu tahunnya.

3. Kategori bantuan untuk jenjang siswa jenjang SMA/SMK/MA/Paket C sederajat Rp1 juta per satu tahunnya.

Menurut data dari laman resmi PIP Kemdikbud, sampai saat ini sebanyak 17.953.268 siswa di seluruh Indonesia telah menerima peyaluran PIP 2022.

Demikian informasi cara cek data penerima bantuan PIP 2022 online pakai NISN di pip.kemdikbud.go.id, bantuan pendidikan cair sampai Rp1 juta ke siswa sekolah SD, SMP, SMA, dan SMK.

Cara Daftar PIP Kemdikbud 2022 Siswa SD, SMP, SMA Cair Sampai Rp 1 Juta Online di pip.kemdikbud.go.id

Sumber : https://pip.kemdikbud.go.id/

 


Live Streaming