CARA DAFTAR Online Lewat HP Bansos Anak Sekolah 2022 serta Syarat Siswa SD, SMP, SMA Dapat BLT Rp4,4 Juta. Sebagai salah satu sasaran program keluarga harapan (PKH) Kementerian Sosial (Kemensos), siswa SD, SMP, SMA wajib mengikuti tata cara daftar bansos anak sekolah online 2022 dan syarat-syarat mendapatkan BLT Rp4,4 juta sesuai dengan ketentuan Kemensos.

Bantuan sosial atau bansos untuk anak sekolah akan cair pada 2022, berikut ini syarat dan cara daftar bantuan langsung tunai atau BLT online agar siswa SD, SMP, dan SMA dapatkan bantuan sebesar Rp4,4 juta.

Baca Yuk :

CARA DAFTAR Online Lewat HP Bansos Anak Sekolah 2022 serta Syarat Siswa SD, SMP, SMA Dapat BLT Rp4,4 Juta

Lantas, apa saja syarat dan cara daftar bansos anak sekolah online agar layak dapatkan BLT dari Kemensos?

Syarat-syarat daftar bansos anak sekolah 2022

Untuk syarat daftar bansos anak sekolah 2022, siswa calon penerima BLT Kemensos harus memenuhi persyaratan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Selain itu ada syarat-syarat khusus selain persyaratan DTKS yang wajib dipenuhi siswa SD, SMP, SMA calon penerima bansos anak sekolah Rp4,4 juta.

Adapun syarat-syarat daftar bansos anak sekolah 2022 yang dimaksudkan antara lain:

– Siswa penerima bansos anak sekolah 2022 adalah masyarakat yang terdampak Covid-19.

– Siswa penerima bansos anak sekolah 2022 adalah masyarakat yang tergolong miskin/rentan miskin.

– Siswa penerima bansos anak sekolah 2022 sudah terdaftar di lembaga pendidikan formal atau non-formal sesuai daerah masing-masing.

– Siswa penerima bansos anak sekolah 2022 wajib memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

– Siswa penerima bansos anak sekolah 2022 yang sudah memiliki kartu KIP harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga pendidikan.

Tata cara daftar bansos anak sekolah 2022 online

Pada tata cara daftar bansos anak sekolah 2022 online, Kemensos sudah menyediakan aplikasi Cek Bansos yang sudah mulai digunakan sejak tahun 2021.

Maka dari itu, orang tua siswa SD, SMP, SMA dapat menggunakan tata cara daftar bansos anak sekolah 2022 secara online di aplikasi Cek Bansos.

Hanya saja sebelum memasuki tahapan cara daftar bansos anak sekolah 2022, orang tua siswa terlebih dahulu melakukan pendaftaran DTKS Kemensos secara offline, dengan tahapan berikut ini.

– Orang tua siswa menyiapkan data diri berupa KTP dan KK.

– Setelah itu lakukan pendaftaran DTKS di kantor desa/kelurahan wilayah masing-masing.

– Pihak desa/kelurahan selanjutnya akan menganalisis data melalui musyawarah sebelum diputuskan status kelayakan masuk DTKS.

– Hasilnya kemudian dimuat dalam berita acara yang ditandatangani oleh kepala desa/lurah dan perangkat desa lainnya.

– Setelah itu, dinas sosial akan menggunakan berita acara untuk diverifikasi dan divalidasi datanya dengan instrumen lengkap melalui kunjungan rumah tangga.

– Jika sudah diverifikasi dan divalidasi, data akan diinput operator desa/kecamatan di aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS).

– Dinas sosial selanjutnya akan memproses data untuk diverifikasi dan divalidasi, dan dilaporkan kepada bupati/wali kota, lalu bupat/walikota akan menyampaikan kepada gubernur, lalu diteruskan kepada menteri.

– Apabila data sudah lengkap, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan, dan kantor wali kota/kabupaten akan memproses datanya.

Setelah orang tua siswa sudah daftar bansos anak sekolah offline, tata cara daftar online BLT  siswa melalui aplikasi Cek Bansos bisa dilakukan.

Pada tahapan cara daftar bansos anak sekolah 2022 online sebenarnya masuk dalam sesi pengusulan data diri secara mandiri sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) PKH.

Berikut ini cara pengusulan data mandiri online di DTKS melalui aplikasi agar dapatkan bansos anak sekolah 2022.

– Orang tua siswa menyiapkan HP, KTP, KK.

– Kemudian, masuk di Play Store dan unduh aplikasi Cek Bansos.

– Lalu, masuk di aplikasi Cek Bansos, pilih menu daftar usulan, dan daftarkan diri sebagai penerima bansos PKH anak sekolah.

– Selanjutnya, pilih tambah usulan, dan sistem secara otomatis akan mencocokkan nama, data NIK KTP, data KK, status kesesuaian Dukcapil, dan kesesuaian pengusul sesuai data DTKS Kemensos.

– Terakhir, pilih bansos PKH.

Apabila sudah resmi tergolong sebagai KPM PKH, calon penerima bansos anak sekolah 2022 dari Kemensos harus memastikan jadwal pencairan bantuan sesuai waktu yang ditentukan pemerintah.

Untuk bansos PKH 2022, jadwal cair bantuan Kemensos ini ada 4 tahap, yakni pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Bagi siswa SD, SMP, SMA yang dinyatakan layak dapatkan bansos anak sekolah 2022, dana BLT Rp4,4 juta akan disalurkan Kemensos melalui bank-bank Himbara dengan rincian berikut ini.

– Siswa SD dapatkan bansos PKH anak sekolah 2022 Rp900.000.

– Siswa SMP dapatkan bansos PKH anak sekolah 2022 Rp1,5 juta.

– Siswa SMA dapatkan bansos PKH anak sekolah 2022 sebesar Rp2 juta.

Demikian informasi mengenai cara daftar bansos anak sekolah 2022 online, dan syarat agar siswa SD, SMP, SMA layak dapatkan BLT Rp4,4 juta.

CARA DAFTAR Online Lewat HP Bansos Anak Sekolah 2022 serta Syarat Siswa SD, SMP, SMA Dapat BLT Rp4,4 Juta

pikiran-rakyat.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,

Streaming Now