Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 17 Online dan Tips Biar Lolos. Program Kartu Prakerja gelombang 17 kembali dibuka dan peminat bisa mendaftar sejak Sabtu (5/6/2021) melalui situs prakerja.go.id.



Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan, kuota Prakerja gelombang 17 sekitar 44.000 peserta yang berasal dari gelombang 12-16 yang dicabut. Sehingga peluang untuk peserta untuk kembali mendaftar masih cukup terbuka.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 17 Online dan Tips Biar Lolos

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 bakal ditutup malam ini, Senin (7/6/2021), pukul 23:59 WIB. Program ini baru saja dibuka Sabtu (5/6) pukul 12:00 WIB lalu dengan kuota sebanyak 44.000 orang.

Bagi Anda yang ingin mengikuti program ini ada baiknya segera mendaftarkan diri di prakerja.go.id untuk membuat akun online untuk mendaftar. Tahapannya sebagai berikut ini :

  1. Masuk ke situs www.prakerja.go.id lalu klik ‘Buat Akun’.
  2. Masukkan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru, jangan lupa centang pernyataan di bawahnya.
  3. Kemudian klik ‘Buat Akun’.
  4. Cek e-mail dari yang sudah didaftarkan untuk mengikuti Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail.
  5. Setelah konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali ke situs Prakerja, lalu klik ‘Login’ untuk masuk ke dashboard akun.

Setelah memiliki akun Prakerja, pemilik akun perlu melengkapi data diri. Berikut cara melengkapi data diri:

  1. Masuk ke akun dengan alamat e-mail dan kata sandi yang telah dibuat.
  2. Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik ‘Berikutnya’.
  3. Isi data diri, mulai dari nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, lalu klik ‘Berikutnya’
  4. Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim melalui SMS.

Setelah melengkapi data diri, pemilik akun akan diminta mengikuti tes awal berupa tes motivasi dan kemampuan dasar. Berikut hal-hal yang harus diketahui soal tes motivasi dan kemampuan dasar ini :

  1. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit.
  2. Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu.
  3. Tunggu e-mail pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes.
  4. Setelah mendapatkan e-mail pemberitahuan, kembali ke situs Prakerja, dan gabung ke gelombang pendaftaran yang sedang dibuka.

Tips agar Lolos di Terima Kartu Prakerja Gelombang 17

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa lolos kartu Prakerja. Pertama, pastikan semua data-data terisi sesuai KTP dengan mencantumkan nomer ponsel aktif untuk verifikasi. Anda juga harus mengunggah foto KTP dengan benar.

Kedua, dalam pendaftaran Kartu Prakerja, ada beberapa pekerja yang dikecualikan untuk mendaftar, yakni, pejabat negara, Aparatur Sipil Negara (ASN), Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara (BUMN), atau badan usaha milik daerah (BUMD), hingga TNI Polri. Jadi pastikan Anda tidak berada dalam kategori tersebut.

Ketiga, kerjakan tes dengan benar. Sebelum mendaftar untuk mengikuti gelombang seleksi, peminat Kartu Prakerja akan diminta untuk mengerjakan tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang Anda miliki. Daftarkan email Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.




Sebagai informasi, bagi warga yang mengikuti program Kartu Prakerja maka setiap peserta mendapat total dana Rp 3,55 juta. Rincianya Rp 1 juta untuk pelatihan, Rp 2,4 juta untuk insentif atau Rp 600 ribu per bulan yang diberikan selama empat bulan, juga insentif kebekerjaaan sebesar Rp 150 ribu.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 17 Online dan Tips Biar Lolos

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20210606155058-25-250900/ini-cara-daftar-kartu-prakerja-gelombang-17-tips-biar-lolos/3


Read previous post:
daftar bpum pnm mekaar, bpum pnm mekaar, bpum pnm mekaar bni, bpum bni, blt banpres, blt banpres umkm
Cara Cek Penerima BLT UMKM Online, Siapkan KTP dan Akses Laman eform.bri.co.id/bpum atau banpresbpum.id

Close