Cara Daftar Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 3 yang Segera Dibuka, Cek Syaratnya di sini. Beasiswa ini dibuka bagi putra-putri terbaik bangsa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 luar negeri. Nah berikut Tribun Medan rangkum syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk mengikuti beasiswa Indonesia Maju.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) kembali membuka program Beasiswa Indonesia Maju (BIM) angkatan ke 3 di tahun 2022 ini. Hal ini disampaikan melalui akun Instagram Pusat Prestasi Nasional @puspernas.


Cara Daftar Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 3 yang Segera Dibuka, Cek Syaratnya di sini

Kriteria dan syarat Beasiswa Indonesia Maju

1. Lulusan SMA/SMK/MA sederajat untuk S1 yang memiliki prestasi di ajang talenta dan non-ajang talenta.

– Prestasi itu misalnya mendapatkan prestasi tingkat nasional maupun internasional sebagai juara 1, 2, atau 3 yang didapatkan dalam kurun waktu selana masa sekolah menengah atas.

2. Surat keterangan menyelesaikan program pembinaan bagi pendaftaran dari program pembinaan BIM

3. Diterima pada perguruan tinggi dalam negeri dan program studi dengan akreditasi BAN-PT minimal B;

Baca Juga :  Kode Redeem Call of Duty Mobile CODM 3 Desember 2022, Klaim Segera Dapatkan Skin Terbaru

4. Diterima pada PTLN tujuan yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek.

Untuk mendaftarkan diri di BIM, berikut langkah-langkahnya:

1. Lakukan registrasi di laman https://beasiswa.kemdikbud.go.id;

2. Lengkapi seluruh dokumen yang diminta, termasuk sertifikat prestasi yang dimiliki, unggah di laman yang sama: https://beasiswa.kemdikbud.go.id;

3. Panitia akan melakukan proses kurasi dan seleksi administrasi;

4. Apabila dinyatakan lolos, maka peserta akan mengikuti seleksi substansi dan wawancara.

Pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju 2022 Telah Dibuka

“Terobosan beasiswa Pendidikan Indonesia dilakukan Kemendikbudristek bersama LPDP untuk mendobrak batasan-batasan dalam program beasiswa yang ada sebelumnya,” ungkap Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dalam sambutan peluncuran BIM secara virtual pada Rabu (11/5).

“BIM tidak hanya menuntut kecerdasan saja tetapi juga karakter yang kuat dari mulai sikap bijak, berani, mandiri, dan tanggung jawab, serta yang tidak kalah penting adalah sikap peduli pada kemanusiaan,” tekan Suharti.

Baca Juga :  KODE REDEEM FF 3 Desember 2022 Free Fire

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) dan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) serta bekerjasama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) meluncurkan program Beasiswa Indonesia Maju (BIM).

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, mengungkapkan, Beasiswa Indonesia Maju merupakan program pemerintah yang disediakan bagi peserta didik berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 dan S2 pada perguruan tinggi di dalam maupun di luar negeri.

BIM merupakan bagian dari manajemen talenta nasional untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing. BIM merupakan program terintegrasi yang terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan non gelar (non degree).

“Program ini juga sebagai bentuk penghargaan dan upaya jaminan karir belajar bagi peserta didik berprestasi pada jenjang pendidikan menengah dan pendidikan khusus,” kata Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi.

BIM Program Persiapan

Ada dua program dalam BIM ini. Pertama adalah BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri. Program ini adalah program beasiswa yang diberikan guna mempersiapkan peserta didik berprestasi pada jenjang pendidikan menengah dan pendidikan khusus untuk memperoleh kesempatan pendidikan S1 di luar negeri. Program ini diselenggarakan oleh Puspresnas.

Baca Juga :  Download LINK Nonton One Piece Red Full Movie Subtitle Indonesia, GRATIS, Cek Segera

Tahun 2022 ini, BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 diberikan kepada peserta didik kelas XI pada jenjang SMA/SMK/MA/sederajat yang berprestasi di ajang olimpiade/lomba/kompetisi/festival di beberapa bidang yaitu sains, riset, teknologi dan inovasi; bidang seni, literasi, dan bahasa; bidang olahraga dan kesehatan jasmani; serta bidang vokasi dan kewirausahaan tingkat nasional maupun internasional.

Kapan Jadwal seleksi Beasiswa Indonesia Maju angkatan 3?

Simak terus linimasa Pusat Prestasi Nasional untuk informasi dan update terbaru, persiapkan diri ya

Bagi siswa yang merasa memenuhi syarat dan tertarik mengikuti BIM persiapan ini, dapat mengakses informasi selengkapnya melalui http://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/beasiswa-indonesia-maju

Cara Daftar Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 3 yang Segera Dibuka, Cek Syaratnya di sini

Sumber :


Tags : , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming