Cara Daftar Bansos 2021 . Program bansos akan diperpanjang hingga 2021. Salah satu program yang diteruskan ke 2021 termasuk bansos tunai Rp 300 ribu/bulan. Seperti pada 2020, bansos 2021 ada yang bersifat reguler dan khusus. Bansos 2021 reguler diberikan berkala sesuai perencanaan pemerintah misal Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditangani Kemensos.

Cara Daftar Bansos 2021

Sedangkan bansos 2021 khusus diberikan akibat terjadinya pandemi COVID-19. Bansos diharapkan bisa membantu masyarakat meneruskan hidup, memberikan modal, dan penghasilan selama pandemi.



Calon penerima bisa login dengan identitas yang legal dan masih berlaku ke https://dtks.kemensos.go.id
Identitas yang bisa dipakai adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). Kemudian nomor identitas yang diperoleh saat warga resmi terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sempat disebut Basis Data Terpadu (BDT).

Cara login https://dtks.kemensos.go.id untuk cek bansos:
1. Pilih ID kepesertaan yang dimiliki
2. Ketik nomor kepesertaan dari ID yang dimiliki
3. Ketik nama sesuai ID
4. Masukkan huruf kode yang terlihat dalam kotak
5. Jika kode yang dimasukkan tidak sesuai, klik kotak kode untuk mendapatkan yang baru.

Dikutip dari situs Kemensos, bansos tunai Rp 300 ribu sebetulnya tak hanya untuk masyarakat yang terdaftar dalam DTKS. Mereka yang datanya tidak ada dalam https://dtks.kemensos.go.id/login juga bisa mendapat bantuan dengan usulan daerah.



Cek bansos Rp 300 ribu

Bantuan Sosial Tunai (BST) atau bansos Rp 300 ribu diberikan pada warga yang terdampak pandemi COVID-19. Calon penerima bisa cek bansos di dtks.kemensos.go.id.

Penerima bansos Rp 300 ribu bisa terdaftar atau tidak dalam PKH. Bagi yang tidak terdaftar bisa mendapatkan bantuan dengan usulan daerah. Bantuan akan ditransfer atau dikirim lewat pos.

Cara Daftar Bansos 2021


Read previous post:
Jadwal Lengkap SNMPTN 2021
Jadwal SNMPTN 2021

Close