Cara Cek Status Terdaftar Sebuah Produk di BPOM. Untuk mengetahui jaminan keamanan sebuah produk, konsumen bisa mengecek status terdaftar kemasan produk ke pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau disingkat Badan POM adalah sebuah lembaga di Indonesia yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia. Fungsi dan tugas badan ini menyerupai fungsi dan tugas Food and Drug Administration di Amerika Serikat dan European Medicines Agency di Uni Eropa.

Baca Yuk :

Cara Cek Status Terdaftar Sebuah Produk di BPOM

Orang kadang tak ambil peduli dengan daftar kemasan produk. Ada pula yang bingung bagaimana mengecek daftar kemasan produk, padahal itu penting untuk mengetahui kualitas dan legalitas sebuah produk, sebelum membelinya.

Cek BPOM online bisa menjadi sarana pencarian informasi soal produk kosmetik, obat, dan makanan yang beredar di Indonesia. Pasalnya, cek produk BPOM penting bagi setiap konsumen untuk memilah produk yang beredar. Adapun cek BPOM online lewat HP bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi dan laman resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BPOM secara khusus mengawasi perederan dan perizinan makanan, minuman, obat, hingga kosmetik. Fitur cek produk BPOM menampilkan nomor registrasi dari setiap kosmetik, obat, dan makanan yang sudah diawasi oleh BPOM.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 Pasal 2, BPOM mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam hal ini obat dan makanan itu berupa obat, bahan obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan.

Beberapa barang yang Anda beli mungkin sudah terlampir logo BPOM-nya, yang berarti itu sudah diperbolehkan untuk dikonsumsi. Namun, untuk beberapa produk yang tidak tertera logo di kemasannya atau bagi Anda yang masih ragu pada produk tersebut, Anda bisa langsung mengeceknya secara online.

Cara Cek BPOM

Anda bisa menggunakan aplikasi Cek BPOM. Data produk obat dan makanan teregistrasi dapat dicari berdasarkan kategori nomor Registrasi Produk, nama produk atau nama dagang dan nama produsen atau nama importir

Berikut cara melakukan pengecekan produk yang sudah terdaftar di BPOM:

  1. Buka situs Cekbpom
  2. Input nama merek, nama produk, atau kode registrasi pada kolom yang tersedia, kemudian klik tombol Cari
  3. Setelah itu, semua produk dengan nama yang berkaitan akan ditampilkan.

Jika Anda ingin mengecek produk yang ditarik dari pasaran karena masih akan diperiksa atau karena berbahaya, berikut langkahnya:

  1. Kunjungi situs resmi dari BPOM, yakni www.pom.go.id
  2. Klik bagian Daftar Produk
  3. Pada bagian Daftar Produk, klik bagian “Produk Ditarik”
  4. Setelah masuk di bagian “Produk Ditarik”, akan ada bagian Produk, Anda bisa memilih pencarian yang dikehendaki, mulai dari obat hingga pangan
  5. Terdapat kolom pencarian. Pada kolom ini, Anda bisa memilih dengan menggunakan nomor registrasi, nama produk, merek, hingga NPWP pendaftar.
  6. Jika sudah menentukan apa yang dimaksud, tinggal klik, nanti akan muncul produk-produk yang ditarik oleh BPOM, yang disertai alasan mengapa produk tersebut ditarik dari pasaran.

Cara Lapor BPOM

Selain itu Anda juga bisa mengadukan salah satu produk. Cara Melaporkan Pengaduan ke BPOM seperti dilansir Indonesia.go yaitu:

  1. Kunjungi situs resmi dari BPOM, yakni www.pom.go.id
  2. Klik bagian Layanan Online
  3. Klik bagian Layanan Pengaduan Konsumen
  4. Setelah itu, akan muncul keterangan terkait Layanan Pengaduan Konsumen.

Demikian Cara Cek Status Terdaftar Sebuah Produk di BPOM.

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,

Streaming Now