Candi Muara Takus, Tahukah kamu candi Muara Takus yang terletak di Sumatera Selatan adalah peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Situs Candi Muara Takus adalah sebuah situs candi Buddha yang terletak di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia. Situs ini berjarak kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru.

Candi Muara Takus

Situs Candi Muara Takus dikelilingi oleh tembok berukuran 74 x 74 meter, yang terbuat dari batu putih dengan tinggi tembok ± 80 cm, di luar arealnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer, mengelilingi kompleks ini sampal ke pinggir Sungai Kampar Kanan. Di dalam kompleks ini terdapat beberapa bangunan candi yang disebut dengan Candi sulung /tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka.



Menurut beberapa sumber, nama Muara Takus pada kompleks candi iniberasal dari nama sebuah anak sungai yang ada di sekitar komleks candi ini. Kata “muara” pada nama candi ini bermakna suatu tempat di mana aliran air anak sungai berkumpul dan kemudian mengalir lagi hingga ke lautan.

Sementara itu, kata “takus” berasal dari bahasa Cina, yaitu “ta” yang berarti besar, “ku” yang berati tua, dan “se”yang berarti candi. Dengan demikian, arti dari nama Muara Takus secara bahasa adalah bangunan candi tua dan besar yang ada di sebuah muara.

Ada sebuah fenomena menarik di sekitar candi muara takus ini. Adapun fenomena tersebut adalah adanya seekor gajah putih yang memimpin gajah-gajah lainnya di saat malam bulan purnama.

Rombongan gajah tersebut mendatangi kompleks Candi Muara Takus dan melakukan gerakan seperti berlutut ke arah candi. Jika dihitung-hitung, jumlah gajah yang ada di dalam rombongan gajah itu kira-kira ada sekitar 30 ekor.

Bagaimana jalan menuju ke candi muara takus? Candi ini berada di Desa Muara Takus, Kabupaten Kampar, Kota Riau. Jaraknya lebih kurang 135 kilometer dari Kota Pekanbaru. Di kabupaten ini ada Candi Muara Takus yang merupakan candi Buddha. Candi ini sangat unik dan terawat dengan baik. Memang untuk menuju ke sini bisa memakan waktu 3 sampai 4 jam dari Kota Pekanbaru.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
braga
Braga

kang pisman bawa tas belanja sendiri
Kang Pisman Bawa Tas Belanja Sendiri

kang pisman bawa tas belanja sendiri
Kang Pisman

Close