Greeone

Buah Renggak Khas Lombok Yang Banyak Manfaat, Renggak adalah jenis buah yang khas dari Pulau Lombok. Pohon-pohon buah renggak banyak tumbuh di pinggir kali.

Pohonnya juga hidup liar dan terpencar-pencar di hutan atau kebun talun. Jenis tanaman ini biasanya ditemukan pada jenis tanah yang lembab yang kaya akan humus.

Baca Yuk :

Buah Renggak Khas Lombok Yang Banyak Manfaat

Buah renggak yang tergolong pada jenis aromatis ini memiliki keharuman yang khas. Jenis tanaman buah renggak sangat mudah untuk dikembangbiakkan. Caranya hanya ambil  ujung rimpang yang berakar, lalu ditanam.Buah renggak memiliki bentuk yang kecil seperti pare. Buah ini banyak disukai karena salutnya bijinya yang mengandung banyak sari buah yang manis.

Tinggi pohonnya setinggi pohon laos, namun daunnya mirip daun kunyit. Buahnya muncul dari luar batang berdekatan dengan akar. Buah renggak masuk dalam anggota suku jahe-jahean, tetapi rasanya manis dan agak asam.

Renggak Merupakan terna tahunan yang subur, bisa tumbuh hingga 3 m. Daun bentuk jorong atau jorong lonjong, 30–90 × 10–20 cm, sisi atasnya gundul, sisi bawahnya berbulu halus putih seperti beledu.

Bunga majemuk tersusun dalam tandan hampir bulat, muncul dari rimpang dekat pangkal batang semu. Tabung mahkota sedikit lebih panjang. Buah kotak berwarna hijau sampai keunguan, bulat telur. Biji kecil-kecil, coklat kehitaman, hampir seluruhnya terbungkus dalam salut biji berdaging putih kelabu, banyak mengandung sari buah.

Buahnya terutama dimakan dalam keadaan segar, disukai karena salut bijinya yang mengandung banyak sari buah yang manis dan (kadang-kadang) agak masam rasanya. Pucuk yang muda, perbungaan yang muda, serta buah muda sering direbus, sebagai sayuran atau dimakan dengan sambal.

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan:Plantae
Divisi:Magnoliophyta
Kelas:Liliopsida
Ordo:Zingiberales
Famili:Zingiberaceae
Genus:Amomum
Spesies:A. dealbatum

Buah Renggak Khas Lombok Yang Banyak Manfaat

Banyak manfaat dari buah renggak khas Lombok ini. Khasiat buah kecil ini diantaranya adalah mengobati iritasi mata, mengobati sariawan dan panas dalam serta bagus untuk kulit.

Di Indonesia, buah renggak ini termasuk buah yang langka dan sulit ditemukan, Selain di Lombok, buah renggak juga bisa ditemui di luar negeri seperti Nepal, Bangladesh, Yunan, dan Thailand.

Salah satu tempat wisata yang membudidayakan tanaman yang tergolong langka ini adalah Narmada Botanic Garden, yang ada di Kabupaten Lombok Barat.

Itulah tadi informasi tentang Buah renggat, Selain rasanya yang khas, buah renggak rupanya juga kaya manfaat. (infopublik.id, wisatadilombok.com)

Buah Renggak Khas Lombok Yang Banyak Manfaat

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , ,

Streaming Now