BSU BLT Guru Honorer Masih Dicairkan Sampai Juni 2021. BSU BLT Guru Honorer diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang telah disalurkan sejak tahun 2020 lalu.

BSU BLT Guru Honorer Masih Dicairkan Sampai Juni 2021

Para Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) atau lebih tepatnya adalah para guru honorer juga mendapatkan bantuan subsidi upah (BSU) dari pemerintah.



BSU BLT Guru Honorer diberikan kepada para GTK dan PTK sebanyak satu kali saja dengan uang yang diberikan sebesar Rp1,8 juta.

Para GTK dan PTK juga jika ingin mencairkan dana BSU BLT Guru Honorer ini harus mengetahui terlebih dahulu di mana Bank Penyalur danamu, karena pemerintah mencairkan dananya melalui rekening yang telah dibuatkan oleh mereka.

BSU BLT Guru Honorer ini hanya diberikan kepada GTK dan PTK yang namanya sudah tercantum di dalam SK penerima yang bisa kalian cek di info.gtk.kemdikbud.go.id atau pddikti.kemdikbud.go.id.

Jumlah kuota penerima BSU BLT Guru Honorer adalah sebanyak 2.034.732 orang, dengan 162.277 untuk dosen, 1.634.832 untuk guru, dan 237.623 untuk tenaga Tata Usaha.

Program BSU BLT Guru Honorer untuk para GTK dan PTK ini menghabiskan anggaran negara sebesar Rp3,6 triliun.




Para GTK dan PTK yang dinyatakan terdaftar sebagai penerima BSU BLT Guru Honorer, maka diharapkan untuk segera melakukan aktivasi rekening dan pencairan dana.

Yakni dengan menggunakan beberapa dokumen yang diperlukan dan sudah tercantum di laman info GTK dan info PTK Kemendikbud tersebut.

Langkah-langkah untuk mengetahui di mana letak Bank Penyalurmu dan apakah dana BSU BLT Guru Honorer sudah dicairkan.

  1. Silahkan buka ke laman info.gtk.kemdikbud.go.id jika kalian merupakan para Guru dan Tenaga Pengajar (GTK).
  2. Jika kalian merupakan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) silahkan buka di pddikti.kemdikbud.go.id.
  3. Kemudian masukkan e-mail kalian yang telah diverifikasi untuk login.
  4. Silahkan gunakan akun PTK atau GTK yang telah terverifikasi untuk bisa membuka info di mana Bank Penyalurmu dan apakah dana BSU Guru Honorer-mu sudah masuk ke rekening.
  5. Setelah berhasil login, informasi tentang status pencairan dana, syarat apa saja yang belum kalian penuhi akan muncul serta di Bank penyalur mana rekening kalian nanti.
  6. Silakan lengkapi persyaratan yang kurang tersebut.
  7. Lihatlah di mana letak Bank Penyalurmu di websiter tersebut.

Nah, itu tadi 6 cara untuk mengetahui di mana letak Bank Penyalurmu versi Jurnal Sumsel yang telah dirangkum melalui laman resmi GTK dan PTK.

Perlu wajib diingat oleh para penerima BSU BLT Guru Honorer bahwa untuk melakukan pencairan dana dan aktivasi rekening dilakukan sampai 30 Juni 2021.

Melewati dari waktu yang telah ditentukan oleh pemerintah, maka dana BSU BLT Guru Honorermu akan dikembalikan ke kas negara.



Sama seperti program banpres lainnya, BSU BLT Guru Honorer untuk para GTK dan PTK juga memiliki persyaratan untuk mendapatkannya, yakni sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berstatus Non-PNS.
  3. Berpenghasilan di bawah Rp5 juta perbulan.
  4. Tidak menerima bantuan subsidi gaji/upah dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).
  5. Bukan penerima Kartu Prakerja sampai dengan 1 Oktober 2020.
Read previous post:
program-indonesia-pintar
Penyaluran BLT PIP Kartu KIP Sekolah dan Kuliah Dilakukan Secara Terpusat

Close