Bocoran Kisi-kisi Soal Ujian CPNS 2021. Pembukaan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 akan dibuka pada bulan April 2021. Beberapa tahapan harus dilalui para peserta yang ingin mengabdikan diri menjadi seorang PNS. Mulai dari tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Bocoran Kisi-kisi Soal Ujian CPNS 2021

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan segera dibuka di tahun 2021 ini. Seleksi CPNS ini kembali dibuka setelah seleksi CPNS diadakan terakhir pada tahun 2019 lalu. Berikut adalah materi CPNS 2021.



Pada tahun 2020, penerimaan CPNS ditiadakan karena pandemi Covid-19. Untuk itu di tahun 2021 ini, seleksi CPNS akan diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Peserta yang lolos semua tahapan tersebut maka resmi menjadi anggota baru PNS. Diketahui, materi ujian SKD akan dipersiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bekerja sama dengan sejumlah instansi pendidikan lainnya.

Sementara itu, menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Tjahjo Kumolo, materi tentang anti radikalisme, terorisme, dan korupsi dalam tes wawasan kebangsaan akan diusulkan masuk dalam soal-soal CPNS.

Nah, jika Anda tertarik untuk mendaftar CPNS tahun 2021, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan mempelajari soal-soal CPNS bertopik anti radikalisme, terorisme, dan korupsi.




Kisi-kisi Materi CPNS 2021

Seleksi CPNS 2021 ini akn dilaksanakan melalui 2 kompetensi utama yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) merupakan tes kemampuan dasar dan karakteristik berupa pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang menjadi ciri – ciri Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam tes SKD ini, diharapkan peserta dapat menyelesaikan 100 soal dalam kurun waku 90 menit.

Dalam tes SKD di tahun 2019 lalu, penyelenggaraan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan jenis soal yang di ujikan meliputi Tes Intelegensi Umum (TIU) sejumlah 35 soal, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sejumlah 35 soal.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan meliputi sebagai berikut:



1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan 4 pilar kebangsaan Indonesia meliputi:

  • Pancasila : ideologi, dasar dan ideologi NKRI, nilai-nilai Pancasila, perbandingan ideologi, sikap positif
  • Undang – Undang Dasar 1945 : konstitusi, jenis konstitusi, sifat konstitusi, penyimpangan terhadap konstitusi, amandemen UUD 1945
  • Bhineka Tunggal Ika : sejarah penemuan, landasan hukum, lambang negara, konsep dasar, prinsip Bhinneka Tunggal Ika, paham Bhinneka Tunggal Ika, penerapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

2. Tes Intelegensia Umum (TIU)

  • Kemampuan verbal, yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun secara tulisan.
  • Kemampuan numerik, yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan antara angka-angka.
  • Kemampuan berpikir logis, yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut.
  • Kemampuan berpikir analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan.

3.     Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

  • Integritas diri
  • Semangat berprestasi
  • Kreativitas dan inovasi
  • Kemampuan beradaptasi
  • Orientasi pada pelayanan
  • Orientasi kepada orang lain
  • Kemampuan mengendalikan diri
  • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
  • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
  • Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
  • Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain




Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) merupakan tes kemampuan dan karakteristik dalam seseorang yakni pengetahuan, keterampilan, perilaku yang diperlukan dalam melaksanakan tugas dan jabatan untuk menampilkan etos kerja yang tinggi dalam sebuah jabatan.

Tes SKB ini akan ditempuh peserta jika telah dinyatakan lulus tes SKD. Materi yang ada pada tes SKB ini ditentukan posisi formasi yang dilamar oleh peserta dan jabatannya. Materi tersebut dapat berupa sebagai berikut:

  1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB)
  2. Peraturan instansi yang dilamar
  3. Relevansi atau kaitan dengan latar belakang studi
  4. Soal-soal yang ditanyakan instansi

Demikian materi CPNS 2021 yang akan diujikan pada seleksi. Materi CPNS 2021 memiliki kemiripan dengan materi CPNS di tahun sebelumnya.



Jangan lupa untuk mempersiapkan persyaratan administrasi saat mendaftar CPNS 2021. Sebab, kelolosan administrasi sangat penting untuk bisa melanjutkan ke tahap berikutnya yakni SKD. Tak kalah penting, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar fisik tetap bugar dan lancar dalam mengerjakan soal.

Bocoran Kisi-kisi Soal Ujian CPNS 2021

Sumber : https://www.suara.com/news/2021/03/20/194621/bocoran-soal-ujian-cpns-2021

Read previous post:
dtks-kemensos
Daftar Bansos dan BLT Cair April 2021, Cek Informasinya

Close