BLT Pelajar Program Indonesia Pintar (PIP) Rp1 Juta Cair di 2021. Informasi dari pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memastikan Program Indonesia Pintar (PIP) di tahun 2021 tetap berlanjut.

BLT Pelajar Program Indonesia Pintar (PIP) Rp1 Juta Cair di 2021

Di tahun 2021, target KIP sekolah mencapai 17,9 juta siswa, KIP Kuliah sebanyak 1,95 juta mahasiswa, dan beasiswa ADIK sebanyak 1.382 orang.



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengklaim bahwa penyaluran Program Indonesia Pintar (PIP) di tahun sebelumnya yakni 2020 berjalan lancar.

Berikut besaran dana PIP :

  • Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp 450 ribu per tahun;
  • Peserta didik SMP /MTs/Paket B mendapatkan Rp 750 ribu per tahun;
  • Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp 1 juta per tahun.

Dana PIP dapat digunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan, serta biaya uji kompetensi.

Adapun cara cek nama penerima sebagai berikut:

  1. Buka laman pip.kemdikbud.go.id.
  2. Klik menu Cek Penerima PIP.
  3. Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), tanggal lahir, nama ibu kandung.
  4. Klik cek data.

Dalam pelaksanaan sebelumnya, penyaluran PIP yang meliputi KIP sekolah dan KIP Kuliah dilakukan pada masing-masing direktorat. Namun, mulai di tahun 2021 telah dilaksanakan secara terpusat.

Begitu juga dengan penyaluran dana BOS yang langsung ditransfer ke rekening sekolah oleh Kementerian Keuangan.

Penerima mulai dari siswa SD /MI hingga siswa SMA/SMK/MA maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar)

Adapun dari total anggaran pendidikan pada APBN 2021, Kemendikbud mengelola sebanyak 14,8 persen atau sekitar Rp81,5 triliun.



Adapun proporsi terbesar anggaran yang dikelola Kemendikbud yaitu Pendanaan Wajib sebesar Rp 31,13 triliun.

Anggaran itu untuk membiayai Program Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Pintar Kuliah, tunjangan guru non PNS, Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dan Bantuan Pendanaan PTN Badan Hukum (BPPTN-BH) Pendidikan Tinggi.

Pengadaan Program Indonesia Pintar (PIP) bertujuan untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu. Diharapkan bantuan ini dapat membuat anak-anak Indonesia bisa merasakan layanan pendidikan yang maksimal.

BLT Pelajar Program Indonesia Pintar (PIP) Rp1 Juta Cair di 2021

https://cerdikindonesia.pikiran-rakyat.com/news/pr-861371826/hore-blt-pelajar-program-indonesia-pintar-pip-rp1-juta-cair-di-2021-simak-penjelasan-nadiem-makarim

Read previous post:
Flawes Band Higher Than Before

Close