BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Dicairkan Kemnaker. Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali menyalurkan BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 kepada kelompok karyawan tertentu.

Kemnaker akhirnya buka suara terkait pencairan BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021. Besaran BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 yang akan disalurkan senilai Rp2,4 juta.

BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Dicairkan Kemnaker



Namun beberapa waktu lalu kabar gembira disampaikan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah. Disebutkan tahun ini masih akan ada pencairan BLT BPJS, namun secara terbatas.

BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Bisa Cair

Menaker Ida Fauziyah menjelaskan bahwa dirinya mengupayakan agar BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan tetap dicairkan tahun 2021 ini.

Kabar gembira ini khususnya bagi pekerja yang terdaftar sebagai penerima BLT BPJS gelombang 1, tapi belum menerima pencairan gelombang 2.

Menaker Ida Fauziyah menjelaskan pula bahwa target penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 ini belum diterima oleh pekerja sesuai target pada tahun 2020.




Sekadar diketahui, pencairan BLT BPJS 2021 ini memang tidak diberikan kepada seluruh pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta seperti sebelumnya.

Menurut Menaker Ida Fauziah, pencairan BLT subsidi gaji ini hanya menyasar pekerja yang terdaftar sebagai penerima di gelombang 1, tapi belum mendapatkannya pada gelombang 2.

Targetnya BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan ini dapat disalurkan kepada 12,4 juta penerima. Dari data yang disampaikan Menaker Ida Fauziyah, BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap kedua tahun 2020 baru cair sebesar 98,92 persen dari total penerima.

Sebelumnya, pemerintah pada 2020 memberikan subsidi gaji yang merupakan bantuan saat pandemi untuk para pekerja dengan pendapatan di bawah Rp 5 juta yang disalurkan dalam dua gelombang.

Berdasarkan pada data tersebut, kemudian Menaker Ida menjelaskan bahwa kelompok karyawan yang berhak dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 ini hanya mereka yang terdaftar di tahun 2020 tetapi belum menerima bantuan tersebut.

Menaker mengupayakan akan mengajukan kembali dana bantuan tersebut ke Kemenkeu, meskipun anggaran BSU BLT Ketenagakerjaan sudah dikembalikan ke kas negara.



Bagi kelompok karyawan yang telah terdaftar di tahun 2020 dengan persyaratan data yang valid akan menjadi sasaran prioritas penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021.

Pada BLT karyawan gelombang yakni Agustus-September 2020 telah disalurkan Bantuan Subsidi Upah kepada 12.293.134 orang. Sementara untuk gelombang 2 pada November-Desember 2020 disalurkan kepada 12.244.169 orang.

Kartu Pra kerja untuk memberikan bantuan bagi pekerja terdampak pandemi Covid-19. Ida menyoroti bagaimana Kartu Pra kerja juga memiliki insentif selain dana bantuan untuk mendapatkan pelatihan.

Kementerian Ketenagakerjaan juga menjadi bagian dari program tersebut, meski pelaksanaannya berada di bawah Kemenko Perekonomian.

Demikian penjelasan mengenai golongan pekerja yang berhak dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021.

 

Read previous post:
Info Beasiswa Maret 2021 Dexa Award untuk Kuliah S2 Dalam Negeri
Info Beasiswa Maret 2021 Dexa Award untuk Kuliah S2 Dalam Negeri

Close