DISDIK JABAR , Menyikapi pernyataan Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat (Jabar) mengenai kebijakan sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) gratis untuk sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri di Jabar, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika menegaskan, biaya SPP gratis untuk SMA dan SMK di Jabar akan diberlakukan pada tahun ajaran 2020-2021.

Biaya SPP SMA SMK Tahun Ajaran 2020-2021 Gratis di Jabar

Pembayaran SPP di SMA dan SMK akan digratiskan mulai pertengahan 2020. Besaran keseluruhan bergantung pada jumlah rombongan belajar (rombel) di sekolah,” ujar Kadisdik .



Adapun besaran dana yang diberikan pemerintah kepada tiap siswa, menurut Kadisdik, berkisar Rp 150 – 180 ribu per bulan. Namun, ia menggarisbawahi, pembebasan biaya tersebut hanya berlaku bagi sekolah negeri saja kalau untuk swasta sudah ada dana Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU),” tegasnya.

Semakin sedikit rombel di sekolah, jelas Kadisdik provinsi Jawa Barat, maka besarannya akan lebih besar daripada sekolah dengan rombel yang lebih banyak. “Sekolah dengan rombel 1 hingga 12 kelas akan mendapat besaran lebih banyak. Sedangkan yang paling banyak rombelnya mendapatkan bantuan yang lebih kecil,” jelasnya.

Menurut Ridwan Kamil, langkah pembebasan biaya SPP ini menjadi poin pembenahan bidang pendidikan di Jawa Barat. “Jadi, saya kira semua kekurangan akan kita perbaiki. Setiap tahun juga kita selalu memberikan perbaikan-perbaikan. Anggaran tahun depan  biaya SPP gratis untuk SMA dan SMK di Jabar akan diberlakukan pada tahun ajaran 2020-2021, IInsya Allah, tunggu ketok palu saja,” ujar Ridwan Kamil.***

Chat Bersama Kami
Read previous post:
talkshow with dies natalis pgsd upi 2019
Talkshow With Dies Natalis PGSD UPI 2019

Anugerah-Atikan-Jawa-Barat-
Anugerah Atikan Jawa Barat Tahun 2019

 Bahasa Isyarat Sibi Huruf P dan Bisindo Huruf P

Close