Berikut Waktu Tidur Terbaik untuk Jaga Jantung Sehat Bagi banyak orang, tidur bisa jadi sekadar melepas lelah atau mengakhiri hari. Padahal ada waktu terbaik tidur untuk jantung sehat dan menjaga kesehatan.
Menurut sebuah studi baru dari Inggris, jika Anda ingin melindungi jantung Anda, tidurlah antara jam 10 malam. dan jam 11 malam.

Baca Yuk :

“Studi kami menunjukkan bahwa waktu optimal untuk tidur adalah pada titik tertentu dalam siklus 24 jam tubuh dan penyimpangan dapat merugikan kesehatan,” kata Dr. David Plans, seorang penulis studi dan dosen senior dalam ilmu saraf organisasi di Universitas Exeter dikutip dari Healthline.

“Waktu paling berisiko adalah setelah tengah malam, karena berpotensi mengurangi kemungkinan melihat cahaya pagi, yang mengatur ulang jam tubuh.”

Studi ini melibatkan lebih dari 88.000 orang berusia 43 hingga 79 tahun yang setuju untuk mengumpulkan data tentang waktu tidur dan waktu bangun mereka selama periode 7 hari menggunakan akselerometer.

Peserta juga menyelesaikan penilaian demografi, gaya hidup, kesehatan, dan fisik.

Para peneliti kemudian melacak kelompok studi selama periode 5,7 tahun untuk diagnosis penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, gagal jantung, penyakit jantung iskemik kronis, stroke, dan serangan iskemik sementara.

Hasil penelitian menyebut bahwa risiko penyakit kardiovaskular 25 persen lebih tinggi pada mereka yang tidur di tengah malam atau lewat tengah malam. Sementara itu risiko 12 persen lebih besar pada mereka yang tidur pukul 23.00 dan 23.59 dan melewatkan waktu terbaik tidur untuk jantung sehat.

Sebaliknya, 24 persen peningkatan risiko penyakit kardiovaskular juga meningkat bagi mereka yang tidur sebelum pukul 10 malam. Hubungan antara onset tidur dan risiko kardiovaskular lebih tinggi pada wanita dibanding pria.

“Tubuh memiliki jam internal 24 jam, yang disebut ritme sirkadian, yang membantu mengatur fungsi fisik dan mental,” jelas Plans.

“Meskipun kami tidak dapat menyimpulkan penyebab dari penelitian kami, hasilnya menunjukkan bahwa waktu tidur lebih awal atau lebih lambat mungkin lebih mungkin mengganggu jam tubuh dengan konsekuensi buruk bagi kesehatan jantung.”

Hanya saja, Harly Greenberg, kepala Divisi Pulmonary, Critical Care dan Obat Tidur di Northwell Health di New Hyde Park, New York, mencatat bahwa pukul 10 sampai 11 malam dalam penelitian ini mungkin tidak berlaku untuk semua orang. Untuk itu masih diperlukan lebih banyak penelitian terkait waktu terbaik tidur untuk jantung sehat.

“Waktu tidur sirkadian yang optimal dapat bervariasi untuk beberapa orang, terutama mereka yang ‘morning larks’ atau ‘night owl,'” kata Greenburg.

Berikut Waktu Tidur Terbaik untuk Jaga Jantung Sehat

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,

Streaming Now