Berikut 5 Minuman yang Baik untuk Asam Lambung Penderita penyakit refluks gastroesofagus (GERD) mungkin sangat selektif dalam memilih makanan dan minuman. Pasalnya, gejala GERD dapat dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi. Gejala ini termasuk batuk, mual, dan suara serak. Makanan dan minuman yang dikonsumsi juga sebaiknya dapat membantu meringankan gejala asam lambung.

Minuman untuk asam lambung

Baca Yuk :

Beberapa minuman yang tidak boleh dikonsumsi penderita GERD karena dapat meningkatkan risiko gejalanya adalah kopi, soda, dan minuman asam. Sebaliknya, dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 minuman yang baik untuk asam lambung:

1. Teh herbal

Teh herbal dapat membantu menyehatkan pencernaan dan meredakan gejala masalah-masalah perut, seperti mual dan kembung.

Cobalah teh herbal yang bebas kafein untuk penderita asam lambung dan tetap hindari teh spearmint atau peppermint. Teh kamomil, licorice, dan marshmallow adalah beberapa jenis teh herbal yang dapat meredakan gejala GERD. Namun, perlu diketahui bahwa beberapa herbal dapat mengganggu resep oban tertentu. Jadi, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi herbal.

2. Susu rendah lemak

Bagi sebagian orang, susu sapi lebih sulit dicerna karena mengandung lemak. Bagi penderita asam lambung, susu sapi berlemak dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah yang dapat memperburuk gejala GERD. Jika tetap ingin mengonsumsi susu sapi, penderita GERD disarankan untuk memilih susu yang rendah lemak.

3. Susu nabati

Susu nabati adalah solusi yang baik untuk orang-orang yang tidak toleran terhadap laktosa atau memiliki GERD. Saat ini, ada banyak produk susu nabati yang tersedia, yakni susu kedelai, susu almond, susu rami, dan susu kacang mete. Susu almond, misalnya, memiliki komposisi basa yang dapat membantu menetralkan keasaman lambung dan meredakan gejala GERD.

4. Jus buah

Beberapa jus buah, seperti jus nanas dan jus apel, dianggap tidak cocok untuk asam lambung karena sangat asam. Jus buah lainnya yang tidak memicu gejala GERD pada beberapa orang adalah jus wortel, jus semangka, jus pir, jus mentimun, dan lain-lain.

5. Air kelapa

Air kelapa tanpa pemanis bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita GERD. Minuman ini merupakan sumber elektrolit yang baik dan bermanfaat. Elektrolit seperti potasium dapat meningkatkan keseimbangan PH dalam tubuh yang sangat penting untuk mengendalikan asam lambung.

Berikut 5 Minuman yang Baik untuk Asam Lambung

Sumber: https://www.kompas.com/

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,

Streaming Now