Dluz.club Portal Fashion Beauty Parenting Wisata

Berikut 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan, Jarang Diketahui Manfaat cengkeh untuk kesehatan sangatlah beragam, mungkin lebih banyak daripada yang kita ketahui. Menurut buku Petunjuk Praktis Menanam Cengkeh yang ditulis oleh Nani Suhaeni (2007), cengkeh (Syzygium aromaticum) adalah rempah-rempah yang sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan dan pemeliharaan gigi. Penggunaan cengkeh yang paling populer adalah sebagai salah satu bahan utama pembuat rokok kretek. Selain sebagai obat-obatan dan bahan utama pembuat rokok kretek, manfaat cengkeh juga termasuk sebagai campuran kosmetika.

Berikut sejumlah manfaat cengkeh untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui:

Baca Yuk :

1. Membantu mengurangi peradangan

Salah satu manfaat cengkeh untuk kesehatan adalah membantu mengurangi peradangan.

Cengkih mengandung beberapa senyawa yang terkait dengan sifat anti-inflamasi, termasuk eugenol. Eugenol terbukti mengurangi respons peradangan dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit seperti radang sendi, dan membantu mengelola gejalanya.

2. Menurunkan radikal bebas

Manfaat cengkeh untuk kesehatan termasuk menurunkan radikal bebas. Cengkih mengandung eugenol dan eugenol merupakan antioksidan yang kuat. Antioksidan membantu tubuh melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit.

Antioksidsn yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu.

3. Menyembuhkan tukak lambung

Manfaat cengkeh untuk kesehatan lainnya adalah membantu menyembuhkan tukak lambung. Sebagian besar tukak lambung disebabkan oleh penipisan lapisan lendir yang melindungi lapisan perut. Studi awal menunjukkan bahwa konsumsi cengkeh dapat mengentalkan lendir ini, menurunkan risiko tukak lambung dan membantu menyembuhkannya.

4. Memperbaiki fungsi hati

Salah satu manfaat cengkeh termasuk membantu memperbaiki fungsi hati. Beberapa percobaan menunjukkan bahwa eugenol yang ditemukan di dalam cengkeh dapat membantu mengurangi tanda-tanda sirosis hati dan penyakit perlemakan hati. Cengkeh juga mungkin dapat meningkatkan fungsi hati secara umum.

5. Baik untuk kesehatan tulang

Cengkeh ternyata merupakan rempah yang mengandung mangan, nutrisi penting yng membantu membangun tulang. Itulah mengapa salah satu manfaat cengkeh untuk kesehatan adalah mendukung kesehatan tulang. Menurut Mind Body Green, aatu sendok teh cengkeh saja dapat mengandung lebih dari 50 persen rekomendasi mangan harian yang direkomendasikan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (BPOM). Bersama kalsium, mangan adalah mineral kunci untuk pembentukan dan kepadatan tulang. Mangan juga punya peran penting dalam aktivasi enzim, yang membantu mendukung metabolisme, menyembuhkan luka, dan produksi neutransmitter.

Berikut 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan, Jarang Diketahui

Sumber:

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,

Streaming Now