Greeone

Berdasarkan Riset LinkedIn, Ini 10 Pekerjaan yang Paling Dicari Saat Pandemi Pandemi Covid-19 telah berdampak besar pada perekonomian. Sejumlah perusahaan mengambil langkah efisiensi untuk bisa bertahan di tengah krisis ekonomi akibat pandemi. Perusahaan memutuskan untuk mengurangi jam kerja, menunda perekrutan karyawan baru, bahkan mengurangi jumlah pekerja. Ini membuat tingkat pengangguran semakin tinggi. Persaingan di bursa lowongan kerja pun semakin ketat. Contohnya yang terjadi di Inggris. LinkedIn menyebut, persaingan di pasar tenaga kerja kini tiga kali lebih kompetitif dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Inggris menghadapi pasar tenaga kerja terberat di generasi ini sebagai akibat kejatuhan ekonomi dari Covid-19.
Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada Rabu (1/7/2020), LinkedIn mengidentifikasi pekerjaan yang paling banyak diminati di tingkat global, dengan menganalisis data lowongan kerja yang ada di platformnya. Hasilnya menunjukkan, pekerjaan dengan tenaga kerja profesional yang berkaitan digitalisasi menjadi paling diminati oleh para perusahaan pencari tenaga kerja.

Baca Yuk :



Riset LinkedIn menunjukkan, ada 10 pekerjaan berkaitan dengan tenaga profesional yang paling laris di dunia pada masa kini, yakni:

1. Pengembang Perangkat Lunak (Software Developer)

2. Sales Representative

3. Manajer Proyek (Project Manager)

4. Admin TI (IT Administrator)

5. Customer Service Specialist

6. Digital Marketer

7. IT Support/Help Desk

8. Analis Data (Data Analyst)

9. Analis Keuangan (Financial Analyst)

10. Desain Grafis (Graphic Designer)

LinkedIn mencatat, dalam empat tahun terakhir 10 lowongan pekerjaan tersebut menunjukkan pertumbuhan yang stabil. Bahkan, tidak ada penurunan signifikan meski di tengah pandemi saat ini. Selain itu, posisi-posisi ini juga mendapatkan bayaran gaji yang cukup besar atau setidaknya sesuai standar. Pendidikan formal dan pelatihan untuk keahlian di posisi tersebut juga semakin banyak. Ini berarti, mungkin saja untuk memiliki keahlian tersebut tanpa perlu menempuh pendidikan formal. Bahkan, ada beberapa keahlian yang bisa dipelajari melalui kelas online. Ini akan mempermudah para pencari kerja untuk meningkatkan skill-nya ditengah pandemi, sehingga bisa bersaing di pasar tenaga kerja yang sangat kompetitif.




Berdasarkan Riset LinkedIn, Ini 10 Pekerjaan yang Paling Dicari Saat Pandemi

Sumber: https://money.kompas.com/read/2020/07/04/113000526/berdasarkan-riset-linkedin-ini-10-pekerjaan-yang-paling-dicari-saat-pandemi?page=all

Baca Yuk :

Streaming Now