Bekerja Sambil Kuliah. Mahasiswa dianggap sebagai seorang manusia yang memasuki dunia orang dewasa dimana tanggung jawab, kemandirian, kreatifitas sudah dianggap mampu untuk dipikul sehingga banyak mahasiswa yang mulai sadar memanfaaatkan waktu luang untuk bekerja.

Bekerja Sambil Kuliah

Dewasa ini mahasiswa bukan lagi hanyalah seorang pelajar biasa yang hanya belajar. Mahasiswa memutuskan untuk bekerja karena terkadang memiliki tuntutan untuk memenuhi kebutuhan yang lebih besar daripada pemasukan yang didapatkan. beberapa kasus yang terjadi seperti mahasiswa yang kurang mampu, mahasiswa perantau yang memang tidak mendapat uang saku dari orang tuanya, dan ada mahasiswa yang orang tuanya meninggal.



Mahasiswa memiliki kebutuhan yang banyak seperti membeli buku, makan sehari-hari, membayar uang kos/kontrakan, membayar tagihan air & listrik, membeli pulsa untuk biaya komunikasi, biaya mengerjakan tugas dan lain sebagainya. ketika kebutuhan yang banyak ini tidak diimbangi dengan pemasukan yang cukup, mau tidak mau mahasiswa terpaksa untuk mencari sumber dana secara mandiri, yakni dengan bekerja.

Lalu bagaimanakah cara mahasiswa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru pertama kali mereka kenal? Hal-hal apa saja yang dilakukan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan pekerjaan? Bagaimana pengaruh pekerjaan terhadap perkuliahannya? Bagaimana mereka menjaga keseimbangan antara mengerjakan tugas kuliah dan tugas pekerjaan? Apa saja masalah-masalah yang muncul ketika mereka memasuki dunia pekerjaan?

Manajemen diri adalah suatu prosedur yang menuntut seseorang untuk mengarahkan atau mengatur tingkah lakunya sendiri. Pengelolaan diri akan lebih mudah dilakukan jika individu memiliki kematangan secara emosi, penalaran tinggi dan mampu mengelola stress yang terjadi pada dirinya.

Orang-orang yang buruk kemampuannya dalam ketrampilan ini akan terus -menerus bertarung melawan perasaan murung sedangkan orang yang dapat menangani perasaan dengan baik akan dapat bangkit kembali dengan jauh lebih cepat dari kemerosotan dan kejatuhan dalam kehidupan. Inti dari kemampuan ini bukan menjauhi perasaan yang tidak menyenangkan agar selalu bahagia namun tidak membiarkan perasaan menderita berlangsung tak terkendali sehingga menghapus semua suasana hati yang menyenangkan.

Self management atau manajemen diri mengacu pada konsep pengaturan dan pengolahan diri. terdapat beberapa pendekatan yang berupaya untuk mendefinisikan manajemen diri. diantaranya adalah pendekatan affect, behavior and cognition (ABC) yang berusaha memahami konsep ini dengan mempertimbangkan interaksi antara perasaan, perilaku, dan pikiran dalam upaya pemahamannya.

Manajemen diri melibatkan sikap mental yang positif dan tindakan positif yang membantu seseorang dalam menjalani kehidupannya sesuai dengan keinginannya, termasuk menyadari keterbatasan diri dan menyesuaikan cara hidup agar dapat mengakomodasi keterbatasan tersebut.


Persepsi tentang bekerja sambil kuliah adalah ketakutan kuliahnya terbengkalai, dan hal ini biasa mulai dirasakannya ketika nilai IP nya menurun yang menimbulkan ketidakpuasan, namun seorang yang Tangguh harus bisa mengelola pikirannya untuk bisa menyeimbangkan antara kuliah dan bekerja sehingga bisa menyelesaikan pendidikan. Penting bagi yang akan menjalani untuk memiliki kepercayaan dan harapan bahwa dengan bekerja masalah finansialnya akan terselesaikan.

Mahasiswa yang kuliah sambil bekerja yang mampu melakukan self management dalam hal mengelola perasaan, perilaku, dan pikiran dengan caranya sendiri. Dengan bekerja, seorang mahasiswa merasa harus mengatur pengeluarannya dengan bijak dan hal ini sudah dilakukannya. Hal ini dapat menimbulkan rasa bangga menjadi mahasiswa yang mandiri secara finansial yang berbeda dari kebanyakan temannya yang menggantungkan diri dari uang orang tuanya.

Bekerja Sambil Kuliah

Sumber : https://kumparan.com/tambara-boyak/bekerja-sambil-kuliah-mari-kita-belajar-tentang-self-management-1vLVHAwxTCD/full


Read previous post:
Jadwal Tempat Layanan SIM dan STNK Keliling
Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini Selasa 6 April 2021

Close