Begini Cara Mengecek Kelulusan Seleksi SBMPTN 2020. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) resmi mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 pada Jumat (14/8/2020). Pengumuman SBMPTN 2020 akan ditayangkan langsung melalui situs resmi LTMPT pada pukul 15.00 WIB. Sebelumnya, LTMPT menggelar Konferensi Pers Daring melalui kanal Youtube maupun Instagram terkait Pengumuman SBMPTN 2020 dan membahas sejumlah hal. PTN Ketua LTMPT Prof. Moh Nasih mengatakan, dari 702.420 pendaftar SBMPTN 2020, sebanyak 167.653 peserta (23,87 persen) lulus seleksi SBMPTN 2020 dengan rincian 123.099 peserta  reguler (22,53 persen) dan 44.554 peserta KIP Kuliah (28,55 persen).



Begini Cara Mengecek Kelulusan Seleksi SBMPTN 2020

“Tahun ini, persentase penerimaan KIP kuliah persentasenya lebih besar ketimbang reguler. Pertanda bahwa ada banyak kawan-kawan potensial meski berasal dari ekonomi kurang mampu. Dari angka ini mereka justru lebih potensial dari lainya,” imbuh dia.

Namun, Nasih menegaskan bahwa peserta yang lulus SBMPTN 2020 harus mendaftar ulang ke PTN pilihan dan memenuhi kriteria PTN untuk benar-benar diterima menjadi mahasiswa. Sementara itu, Nasih juga memaparkan ada sekitar 500 peserta yang didiskualifikasi karena tidak memenuhi persyaratan ujian, semisal kecurangan dan tanda pengenal yang tidak dapat diidentifikasi.

Jalur masuk PTN tak hanya SBMPTN Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik panitia dan mahasiswa atas lancarnya pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020. Nizam juga mengucapkan selamat bagi calon mahasiswa yang lolos seleksi dan memberikan semangat bagi mahasiswa yang belum berhasil lolos SBMPTN 2020.



“SBMTPN bukan satu-satunya jalur masuk PTN. Jangan patah semangat karena upaya meraih cita-cita pintunya terbuka lebar. Bila ini belum berhasil, maka ini salah satu ujian untuk bisa berhasil dalam kesempatan berikutnya. Tetap semangat dan optimis untuk belajar dan jaga kesehatan,” papar Ainun.

Sekjen Kemendikbud Ainun Naim menambahkan, dalam rangka menjaga proses belajar mengajar sekaligus sebagai upaya tidak adanya risiko kehilangan pengalaman belajar kini Kemendikbud sedang menyiapkan alokasi pemberian kuota untuk mahasiswa dan dosen. “Untuk adik-adik yang ikut seleksi selamat bagi yang sukses. Sebenarnya semua sukses namun mungkin caranya berbeda-beda. Bila belum berhasil masih ada kesempatan tidak hanya di PTN namun PTS,” pesan Ainun.

Kemendikbud, lanjut dia, juga memperhatikan kualitas pembelajaran baik di PTN maupun PTS. Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia Jamal Wiwoho dalam kesempatan yang sama mengatakan, bagi calon peserta yang belum berhasil, masih banyak PTN yang membuka jalur mandiri baik dengan UTBK maupun kriteria lainnya. “Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas kerja sama kerja keras dan kerja ikhlas LTMPT. Terima kasih untuk Kemendikbud yang memberikan perhatian luar biasa sehingga SBMPTN ini dapat berjalan dengan baik,” terang Jamal.

Ketua Pelaksana LTMPT Budi Prasetyo mengungkapkan, peserta dapat mengecek hasil SBMPTN 2020 di laman LTMPT dan 12 mirror link yang tersedia. “Peserta melihat pengumuman bisa di laman pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id, dan juga di mirror 12 PTN,” ujar Budi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/8/2020) siang.

Bagaimana mengecek lolos atau tidaknya? Peserta harus meng-input tanggal lahir dan memasukkan nomor peserta SBMPTN. Budi menyebutkan, peserta yang lolos seleksi akan menemukan ucapan selamat pada halaman yang dibukanya setelah memasukkan nomor peserta. “Kalau peserta sudah mengecek ke laman SBMPTN, dengan memasukkan tanggal lahir pada kolom, dan melihat hasilnya, jika ada ucapan ‘Selamat’, itu artinya dia sudah lolos SBMPTN,” ujar Budi. Pengumuman ini dinantikan oleh para pendaftar yang berharap namanya menjadi peserta yang lolos SBMPTN 2020.

Selain laman utama LTMPT, ada 12 laman mirror yang dapat diakses peserta untuk melihat hasil pengumuman SBMPTN yakni:

  1. http://sbmptn.ui.ac.id
  2. http://sbmptn.ugm.ac.id
  3. http://sbmptn.undip.ac.id
  4. http://sbmptn.unair.ac.id
  5. http://sbmptn.unsri.ac.id
  6. http://sbmptn.untan.ac.id
  7. http://sbmptn.itb.ac.id
  8. http://sbmptn.its.ac.id
  9. http://sbmptn.ipb.ac.id
  10. http://sbmptn.unand.ac.id
  11. http://sbmptn.unhas.ac.id
  12. http://sbmptn.unsyiah.ac.id




Semoga kamu lolos, ya! Begini Cara Mengecek Kelulusan Seleksi SBMPTN 2020

*sumber: https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/14/142712171/167653-calon-mahasiswa-lulus-seleksi-sbmptn-2020

https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/14/125148665/pengumuman-sbmptn-2020-ini-cara-cek-hasil-lolos-atau-tidak-di-laman-ltmpt?page=all

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Latihan Ringan Ini Baik untuk Penderita Skoliosis
Latihan Ringan Ini Baik untuk Penderita Skoliosis

Peran Perguruan Tinggi dalam Tangani Pandemi Covid-19 Menurut Mendikbud
Peran Perguruan Tinggi dalam Tangani Pandemi Covid-19 Menurut Mendikbud

Penjelasan Mengenai Kurikulum Darurat Berikut dengan Link Unduhannya
Penjelasan Mengenai Kurikulum Darurat Berikut dengan Link Unduhannya

Close