Bedanya Herd Immunity, PSBB, dan New Normal. Di tengah pandemi covid-19 ini, Sobat Phi pasti sudah mendengar beberapa istilah baru. Seperti PSBB, New Normal, dan Herd Immunity. Lalu sebenarnya apa perbedaan ketiga istilah tersebut? Simak ulasan singkat PhiRadio berikut ini.



Bedanya Herd Immunity, PSBB, dan New Normal

  1. PSBB

Dilansir dari tirto.id, PSBB adalah singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar. Ini adalah peraturan yang diterbitkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam rangka Percepatan Penanganan covid-19. PSBB melingkupi pembatasan sejumlah kegiatan penduduk tertentu dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi covid-19.

Pembatasan tersebut meliputi peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, pembatasan kegiatan sosial budaya, pembatasan moda transportasi, dan pembatasan kegiatan lainnya khusus terkait aspek pertahanan dan keamanan.



  1. Herd Immunity

Lain lagi dengan Herd Immunity atau kekebalan kelompok. Herd immunity merupakan kondisi ketika sebagian besar orang dalam suatu kelompok telah memiliki kekebalan terhadap penyakit infeksi tertentu. Semakin banyak orang yang kebal terhadap suatu penyakit, semakin sulit bagi penyakit tersebut untuk menyebar karena tidak banyak orang yang dapat terinfeksi.

Cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan kekebalan pada banyak orang sekaligus adalah vaksinasi. Misalnya vaksinasi polio. Ketika seseorang mendapatkan vaksin polio, tubuhnya membentuk kekebalan spesifik terhadap virus polio. Suatu saat, ketika ada virus polio memasuki tubuh orang tersebut, sistem imun tubuhnya telah siap melawan virus polio, sehingga virus ini mati dan tidak sampai menyebabkan penyakit polio. Dengan begitu, virus juga tidak bisa menyebar ke orang lain.

Bayangkan bila dalam waktu yang bersamaan, hampir semua orang dalam suatu kelompok yang sama dengan orang tadi juga memiliki kekebalan terhadap virus polio. Tentunya kesempatan virus polio untuk menyebabkan penyakit dan menular menjadi sangat kecil. Itulah esensi dari Herd Immunity.

  1. New Normal

New normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dikatakan sebagai cara hidup baru di tengah pandemi covid-19. New normal bukan berarti tidak lagi menerapkan protokol pencegahan penyebaran covid-19. New normal ialah bertindak produktif, namun tetap memastikan aman dari penularan virus corona.

Dalam ini, Sobat Phi tetap menggunakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan menggunakan sabun, dan selalu menjaga jarak fisik saat berkomunikasi. Termasuk menghindari kerumunan.



Bedanya Herd Immunity, PSBB, dan New Normal

Nah, sudah mengerti, kan, perbedaan PSBB, Herd Immunity dan New Normal? Saat ini yang bisa kita lakukan ialah mengikuti imbauan pemerintah dan tenaga kesehatan. Sambil tidak lupa berusaha untuk menerapkan pola hidup sehat.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Senin 8 Juni 2020
Soal dan Jawaban Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Senin 8 Juni 2020

Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Senin 8 Juni 2020
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Senin 8 Juni 2020

Download PDF Jadwal Acara Program Belajar dari Rumah di TVRI Minggu Kesembilan 8-14 Juni 2020

Close