Greeone

Bansos dan BLT Cair Oktober 2021, PKH, BSU, Diskon Listrik, Kuota Internet, hingga Kartu Prakerja. Beragam bantuan dari pemerintah ini menyasar kepada mereka yang berhak menerima. Tiap bantuan sosial memiliki kualifikasinya masing-masing.

Simak daftar bantuan sosial (bansos) juga bantuan langsung tunai (BLT) berikut ini yang masih dicairkan bulan Oktober 2021. Diantara bansos dan BLT yang cair ada PKH hingga Kartu Prakerja.

Baca Yuk :

Bansos dan BLT Cair Oktober 2021, PKH, BSU, Diskon Listrik, Kuota Internet, hingga Kartu Prakerja

Kendati begitu, pemerintah mengusahakan bantuan ini dapat tersalurkan secara merata dan mayarakat yang berhak dapat menerimanya.

Bansos yang masih cair Oktober 2021 ini masih bagian dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang menjadi fokus pemerintah di tengah situasi pandemic Covid-19.

Berikut adalah daftar Bansos maupun BLT yang cair bulan Oktober 2021:

Program Keluarga Harapan (PKH)

Bansos PKH bulan Oktober 2021 ini akan masuk tahap salur 4, yang artinya bantuan ini akan segera dicairkan. Sejatinya, Bansos PKH merupakan program regular Kemensos yang tiap tahunnya selalu dianggarkan.

Penerima Bansos PKH adalah mereka yang telah ditetapkan sebagai peserta di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Bantuan ini menyasar ibu hamil, anak usia dini, pelajar SD-SMA, lansia, dan penyandang disabilitas.

Untuk tahun 2021 ini, Bansos PKH dialokasikan sebesar Rp28,7 triliun dengan target 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Masing-masing komponen tadi akan mendapat jumlah bantuan yang berbeda sesuai kategorinya. Ibu hamil dan anak usia dini mendapat bantuan masing-masing Rp 3 juta/pertahun. Lansia dan penyandang disabilitas masing-masing mendapat Rp 2,4 juta/tahun. Pelajar SD mendapat Rp 900 ribu/tahun. Pelajar SMP mendapat Rp 1,5 juta/tahun. Pelajar SMA mendapat Rp 2 juta/pertahun.

Bansos PKH ini maksimal hanya diberikan untuk empat jiwa dalam satu keluarga. Sehingga indeks bantuan satu KPM dengan lainnya dapat berbeda.

Bantuan akan disalurkan lewat Bank Himbara (BNI, BRI, Mandiri, dan BTN) dalam 4 tahap (Januari, April, Juli, dan Oktober).

Kartu Sembako

Program Kartu Sembako juga masih berlanjut sampai Oktober 2021 ini. Bantuan ini akan berjalan sampai Desember 2021 mendatang.

Setiap keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdata, aka menerima Bansos Kartu Sembako sebesar Rp 200 ribu tiap bulannya.

Dengan bantuan ini KPM bisa memanfaatkan uang tunai yang didapat untuk memnuhi kebutuhan pangan rumah tangga dan ada larangan uang digunakan untuk membeli rokok.

Untuk bisa menikmati bantuan ini atau menjadi penerima Kartu Sembako, masyarakat harus mendapftarkan diri sebagai KPM di Kemensos.

Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja hingga saat ini sudah berlangsung hingga gelombang 21. Peserta yang telah terdaftar di gelombang 18-21 masih dapat menerima insentif Kartu Prakerja.

Peserta harus terlebih dulu membeli pelatihan pertama Kartu Prakerja dengan uang yang telah dikirimkan ke e-wallet dashboard Kartu Prakerja. Baru setelah menyelesaikan pelatihan, peserta akan mendapat insentif sebesar Rp 2,55 juta. Sehingga total bantuan yang didapat adalah Rp 3,55 juta.

Untuk Kartu Prakerja gelomabng 22 masih belum ada kepastian, namun dari pihak PMO Kartu Prakerja membeberkan jikalau memang dibuka, kuota yang tersedia merupakan kuota pemulihan kepesertaan yang dicabut.

Bantuan Subsidi Upah/Gaji (BSU)

Adanya BSU ini diperuntukkan bagi mereka para pekerja/buruh yang terdampak pandemic Covid-19. Besaran ini masih cair untuk Oktober 2021. Pemerintah akan menyalurakan BSU sebesar Rp 1 juta kepada pekerja.

Syarat untuk bisa mendapat bantuan BSU Rp 1 juta Oktober ini adalah :

  • WNI yang dibuktikan dengan NIK
  • Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan Juni 2021
  • Upah maksimum Rp 3,5 juta/bulan
  • Bekerja di wilayah PPKM level 3 dan 4.

Diskon Listrik PLN

Oktober 2021 masih ada diskon listrik dari PLN malah kabar gembiranya akan diperpanjang hingga Desember 2021 nanti.

Stimulus yang diberikan meliputi tarif listrik, dan pelaksanaan pembebasan biaya beban atau abonemen. Pelanggan PLN jenis prabayar maupun pascabayar dapat menikmati diskon listrik.

Nantinya pelanggan pascabayar akan dibberi langsung dengan memotong tagihan listrik, sedangkan pelanggan prabayar akan diberikan Ketika pemberlian token listrik.

Bantuan Kuota Internet Kemdikbud

Kuota internet gratis dari Kemdikbud masih ada untuk Oktober 2021 dan terus dilanjut hingga Desember 2021. Bantuan kuota internet pencairannya dilakukan di setiap tanggal 11-15.

Bantuan kuota internet ini menyasar kepada 26,9 juta siswa, mahasiswa, guru/dosen. Besaran untuk masing-masing penerima juga berbeda.

Untuk peserta didik PAUD mendapat 7GB, peserta didik SD-SMA mendapat Rp 10 GB, pendidik Paud-SMA mendapat 12GB, mahasiswa dan dosen mendapat 15GB.

Demikian daftar Bansos dan BLT yang masih cair untuk Oktober 2021 mulai dari Bansos PKH, BLT BSU, diskon listrik, hingga kuota internet.

Bansos dan BLT Cair Oktober 2021, PKH, BSU, Diskon Listrik, Kuota Internet, hingga Kartu Prakerja

Baca Yuk :

Streaming Now