Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Bagaimana Niat Puasa Ayyamul Bidh 3 Hari 13-15 Juni 2022 atau Bulan Zulkaidah Lengkap Hukum dan Keutamaan Pelaksanaan. Umat Islam kini sedang melaksanakan puasa Ayyamul Bidh yang jatuh selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 13, 14, hingga 15 Juni 2022 kalender Masehi.

Sebelumnya pengertian puasa Ayyamul Bidh adalah ibadah sunnah yang dilaksanakan setiap pertengahan bulan selama tiga hari berturut-turut (tanggal 13, 14 dan 15) pada bulan Hijriyah.

Baca Yuk :

Bagaimana Niat Puasa Ayyamul Bidh 3 Hari 13-15 Juni 2022 atau Bulan Zulkaidah Lengkap Hukum dan Keutamaan Pelaksanaan

puasa Ayyamul Bidh adalah ibadah sunnah yang dikerjakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan qomariyah. Orang yang mengerjakan ibadah sunnah ini akan dicatat seperti berpuasa sepanjang tahun.

Berikut niat puasa Ayyamul Bidh tiga hari tanggal 13 hingga 15 Juni 2022 atau bulan Zulkaidah lengkap keutamaan pelaksanaan.

Sama seperti puasa wajib atau sunnah, puasa Ayyamul memiliki bacaan niat tersendiri dan keutamaan bagi yang melaksanakan. Ibadah ini ada setiap bulan pada penanggalan Hijriyah tak terkecuali Zulkaidah.

Secara bahasa, puasa Ayyamul Bidh adalah hari-hari yang cerah. Meski begitu maksudnya adalah hari atau malam yang cerah tersinari oleh bulan yang terang.

Adapun hukum dari puasa Ayyamul Bidh adalah sunnah muakkad atau dengan kata lain merupakan sunnah yang sangat dianjurkan.

Bagaimana Niat Puasa Ayyamul Bidh 3 Hari 13-15 Juni 2022 atau Bulan Zulkaidah Lengkap Hukum dan Keutamaan Pelaksanaan

Bahkan Rasulullah SAW rutin melaksanakan puasa saat malam cerah yang dimaksud adalah puasa Ayyamul Bidh.

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاس رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُفْطِرُ أَيَّامَ الْبِيْضِ في حَضَرٍ وَلاَ سَفَرٍ. (رواه النسائي بإسنادٍ حسن)

Artinya: “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah baik di rumah maupun dalam bepergian’.” (HR an-Nasa’i dengan sanad hasan).

Bagaimana Niat Puasa Ayyamul Bidh 3 Hari 13-15 Juni 2022 atau Bulan Zulkaidah Lengkap Hukum dan Keutamaan Pelaksanaan

Tak hanya itu, Rasulullah SAW mewasiatkan umatnya untuk melakukan puasa tiga hari Ayyamul Bidh, sebagaimana hadits berikut ini:

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Artinya: “Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: 1- berpuasa tiga hari setiap bulannya, 2- mengerjakan shalat Dhuha, 3- mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1178)

Seperti yang telah disinggung bahwa puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan Hijriyah.

Nahdlatul Ulama (NU) menetapkan tanggal 1 Zulkaidah 1443 Hijriyah tepat pada tanggal 1 Juni 2022. Sehingga berikut jadwal puasa sunnah Ayyamul Bidh bulan Juni 2022:

Bagaimana Niat Puasa Ayyamul Bidh 3 Hari 13-15 Juni 2022 atau Bulan Zulkaidah Lengkap Hukum dan Keutamaan Pelaksanaan

Jadwal puasa Ayyamul Bidh Juni 2022 akan jatuh pada hari Senin-Rabu, 13-15 Juni 2022. Perhitungan ini berdasarkan keputusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang menetapkan 1 Zulkaidah jatuh pada Rabu, 1 Juni 2022. Berikut selengkapnya:

  • Puasa Ayyamul Bidh hari pertama: Senin, 13 Juni 2022 (13 Zulkaidah 1443 H)
  • Puasa Ayyamul Bidh hari kedua: Selasa, 14 Juni 2022 (14 Zulkaidah 1443 H)
  • Puasa Ayyamul Bidh hari ketiga: Rabu, 15 Juni 2022 (15 Zulkaidah 1443 H).

Keutamaan puasa Ayyamul Bidh termaktub dalam hadits Muttafaq ‘Alaih. Dari Abdullah ibn Amr ibn ‘Ash RA, ia berkata bahwa nabi SAW pernah bersabda kepadanya:

“Berpuasalah setiap bulannya tiga hari. Karena sesungguhnya pada hari itu dihitung dengan sepuluh kelipatannya, yang nilainya sama seperti berpuasa sepanjang tahun.” (HR Muttafaq ‘Alaih).

Bagi umat Islam yang ingin melaksanakan, berikut niat puasa Ayyamul Bidh tiga hari dari tanggal 13-15 Juni 2022:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta’ala.

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh, sunnah karena Allah ta’ala.”

Mengutip buku Dahsyatnya Puasa Wajib & Sunah Rekomendasi Rasulullah oleh Amirulloh Syarbini dan Sumantri Jamhari, Rasulullah SAW membiasakan diri menunaikan puasa Ayyamul Bidh. Bahkan, beliau jarang sekali meninggalkannya, baik ketika di rumah maupun dalam perjalanan.

Bagaimana Niat Puasa Ayyamul Bidh 3 Hari 13-15 Juni 2022 atau Bulan Zulkaidah Lengkap Hukum dan Keutamaan Pelaksanaan

Sementara tata cara pelaksanaan puasa Ayyamul Bidh sama dengan jenis puasa lainnya. Umat Islam harus membaca niat dan disarankan untuk sahur.

Setelah itu, menahan makan, minum, dan hawa nafsu dari mulai menjelang terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Demikian niat puasa Ayyamul Bidh tiga hari 13-15 Juni 2022 beserta keutamaan hingga tata cara.

Sumber : pikiran-rakyat.com

Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,