Bagaimana Agar Lolos Beasiswa? Kata Nelson Mandela, pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia. Begitu pula dengan beasiswa, yang notabenenya berupa peluru bagi senjata tersebut. Kalau begitu, yuk kita simak tips-tips yang harus kamu lakukan biar dapat beasiswa.



Bagaimana Agar Lolos Beasiswa?

1. Cari Info
Dengan kemudahan memperoleh informasi di era digital ini, bukan hal mustahil bila beasiswa dapat diraih dalam genggaman jemari. Banyak peraih beasiswa yang menemukan lucky charm-nya dari media sosial lho! Contoh akun yang rutin memberi info adalah @info_beasiswa yang bisa ditemukan di Line dan Instagram.

2. Sertifikat itu penting!
Kata orang, nilai di atas kertas itu penting. Betul juga sih, namun lembaga penguji umumnya juga menilai seseorang dari seberapa sering ia berpartisipasi di antara masyarakat. Contohnya memenangkan lomba, atau sekadar ikut pelatihan dan seminar-seminar. Beberapa tahun lalu, ada murid Indonesia yang bisa ke Jepang hanya bermodal tumpukan sertifikatnya lho!

3. Siap dengan konsekuensi
Namanya beasiswa, tentu kita secara tidak langsung diberi sesuatu oleh orang lain. Namun sebagaimana jual-beli, sesuatu ini seringnya tidak gratis. Biasanya tiap lembaga memiliki persyaratannya masing-masing, yang umumnya mesti ditandatangani di atas kertas. Harus dipahami betul oleh kamu-kamu yang sedang mencari beasiswa.

4. Tampil percaya diri.
Satu tahap yang harus dilewati calon penerima beasiswa adalah wawancara. Nah, di sini kamu harus tampil percaya diri dan berwibawa. Singkirkan segala pikiran negatif dan rileks. Sebab penguji beasiswa umumnya terdiri dari para psikolog yang akan memperhatikan gerak-gerikmu dan memutuskan apakah kondisi emosionalmu cocok dengan standar mereka atau tidak.

5. Harus jujur.
Ini bagian yang paling penting. Meski diwajibkan tampil bagus, jangan sampai kamu memalsukan satu data pun di atas porfolio dan CV. Kalau saat wawancara kamu ditanya apa saja kekurangan diri sekalipun, kamu tetap harus jawab sejujurnya, sambil juga ditambahkan dengan kelebihan dirimu yang bisa menutup kekurangan tersebut.




Nah, semoga kamu bisa mendapatkan beasiswa ya. Semoga beruntung, Sobat Phi!

Bagaimana Agar Lolos Beasiswa?

//sumber: https://www.idntimes.com/life/education/aiman-nabilah/cara-dapat-beasiswa-c1c2


Read previous post:
game terbaru
Kode Redeem Mobile Legends (ML) 14 Mei 2021 Terbaru

Close