Bacaan Ikrar Hari Santri Nasional 2022. Hari Santri Nasional 2022 yang jatuh pada 22 Oktober 2022 mendatang mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Dalam peluncurannya, Selasa (27/9/2022) lalu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, tema ini mengandung pesan bahwa santri adalah pribadi yang siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

“Meski bisa menjadi apa saja, santri tidaklah melupakan tugas utamanya menjaga agama. Menjaga martabat kemanusiaan adalah salah satu tujuan diturunkannya agama,” ucap Yaqut dalam peluncuran yang disiarkan melalui YouTube Kemenag.


Bacaan Ikrar Hari Santri Nasional 2022

Salah satu rangkaian acara peringatan Hari Santri Nasional 2022 adalah membaca ikrar santri Indonesia. Ikrar tersebut berisi lima poin dan dibaca bersama setelah pembacaan UUD 1945.

Menurutnya, santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi ahli dalam bidang apa saja. Tidak hanya ahli ilmu agama, tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pada perayaan tahun ini, Kemenag turut merilis logo Hari Santri dengan bentuk garis luar yang menyerupai angka 8 dengan titik di tengahnya. Logo ini terdiri dari tiga warna, yakni biru, hijau, dan oranye.

Logo tersebut terdiri dari sejumlah pola, yakni merangkul, jabat tangan, daun, infinity, matahari, dan mata. Masing-masing pola memiliki filosofi tersendiri.

Dalam Surat Edaran Nomor SE.27 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Santri 2022, upacara di halaman Kantor Kemenag Pusat akan dimulai pukul 08.00 WIB. Peserta upacara menggunakan sarung, atasan putih, dan berpeci hitam bagi laki-laki dan bagi perempuan bisa menyesuaikan.

Bacaan Ikrar Hari Santri Nasional 2022

Adapun, salah satu susunan acara dalam upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 adalah membaca ikrar santri. Berikut bunyinya.

Kami Santri NKRI Berikrar:

1. Berpegang teguh pada akidah, ajaran, nilai, dan tradisi Islam Ahlussunnah wal Jama’ah

2. Bertanah air satu, tanah air Indonesia; berideologi negara satu, ideologi Pancasila; Berkonstitusi satu, Undang-Undang Dasar 1945; dan berkebudayaan satu, Bhinneka Tunggal Ika

3. Selalu bersedia dan siap siaga menyerahkan jiwa dan raga membela tanah air dan bangsa Indonesia, mempertahankan persatuan dan kesatuan nasional, serta mewujudkan perdamaian dunia

4. Ikut berperan aktif dalam pembangunan nasional mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan, lahir dan batin untuk seluruh rakyat Indonesia

5. Pantang menyerah, pantang putus asa, serta siap berdiri di depan melawan pihak-pihak yang merongrong Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika, yang didasari semangat Proklamasi Kemerdekaan dan Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama.

Melansir laman NU, pada perayaan sebelum-sebelumnya, ikrar santri tersebut dibaca bersama dengan awalan basmalah dan dua kalimat syahadat.

Bacaan Ikrar Hari Santri Nasional 2022

Sumber : https://www.detik.com/


Tags : , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming