Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Aplikasi Layanan Haji E-Hajj yang Membantu Jemaah Indonesia. Sistem E-hajj yang memuat penyelenggaran haji diterapkan secara seragam dan serentak. Aplikasi ini menawarkan beberapa informasi untuk membantu jemaah, mulai dari kuota jemaah haji reguler, haji khusus hingga kuota petugas.

Aplikasi E-hajj sangat membantu penyelenggaraan ibadah haji 2022, serta tahun-tahun sebelumnya. E-hajj merupakan sebuah sistem elektronik mengenai layanan haji yang memudahkan jemaah untuk ibadah.

Baca Yuk :

Aplikasi Layanan Haji E-Hajj yang Membantu Jemaah Indonesia

Penyelenggaraan ibadah haji dalam beberapa tahun terakhir menggunakan sistem yang dikenal sebagai E-haj . Ini merupakan sistem penyelenggaraan haji berbasis elektronik yang diterapkan secara seragam dan serentak. Di dalamnya ada beberapa informasi, di antaranya kuota jemaah haji reguler, haji khusus, dan juga kuota petugas.

Wakil Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Muhammad Luthfi Makki mengungkapkan, penggunaan sistem E-Haj pada pelayanan haji diharapkan dapat memudahkan pelayanan haji di Indonesia.

“E-Hajj adalah sebuah sistem elektronik haji yang di dalamnya ada beberapa informasi,” kata Wakil Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Muhammad Luthfi Makki di Jeddah seperti dikutip dari Kemenag.go.id, Senin (27/6/2022).

“(Informasi) di antaranya soal kuota yang kami terima, sekaligus pembagiannya. Yaitu kuota jemaah haji reguler, haji khusus, dan kuota petugas,” sambungnya.

Aplikasi Layanan Haji E-Hajj yang Membantu Jemaah Indonesia

Penggunaan sistem E-hajj, diakui Makki, telah membantu pelayanan haji di Indonesia. Ia juga menjelaskan fungsi dan cara mengaktifkan aplikasi e-hajj.

“Untuk mengaktifkan E-hajj, kami diminta untuk menginput data jemaah sekaligus pembuatan kloter. Selain untuk data jemaah, E-hajj juga berfungsi untuk ‘pemaketan’. Jika semuanya sudah ‘dipaketkan’, maka baru keluar Visa,” jelasnya.

Alumni Tarbiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menerangkan, proses mendapatkan visa tidak mudah. Jamaah perlu memenuhi beberapa kewajiban, seperti penginapan, layanan bus, sampai dengan paket Masair (rangkaian ibadah haji) selama ibadah haji.

Seluruh kewajiban itu harus dipastikan oleh para jemaah haji di Indonesia, jika ingin menerbitkan visa. Maka adanya aplikasi E-Hajj sudah begitu membantu jamaah untuk prosedur mendapatkan visa.

Aplikasi Layanan Haji E-Hajj yang Membantu Jemaah Indonesia

Selain itu, aplikasi itu juga meningkatkan kualitas pelayanan jemaah haji. Jemaah yang sudah tiba di Tanah Suci akan mudah menemukan tempat penginapan hingga transportasinya, yang bisa dilihat dari aplikasi E-Hajj.

“Jadi kalau misalkan keberangkatan gelombang pertama haji tahun ini datangnya di Madinah, rutenya Madinah-hotel-Mekah-Masair-Mekah lagi-baru Jeddah. Sama juga yang gelombang kedua,” ujar Makki.

Fitur terbaru di E-Hajj sendiri bukan hanya sebagai pemaketan visa saja. Tapi juga sekaligus menginput asal kedatangan dan nomor pesawat, jumlah jemaah atau rombongan, hingga izin untuk melakukan Hajj Permit dan Tasrekh Raudhah.

Sistem itu juga memudahkan panitia penyelenggara haji dalam mengetahui alur keuangan. Pasalnya, sistem pembayaran semua layanan dilakukan lewat aplikasi itu. Tak terkecuali pembayaran untuk paket Masair yang ada kenaikan, tetap melalui E-Hajj.

Aplikasi Layanan Haji E-Hajj yang Membantu Jemaah Indonesia

Persiapkan ibadah haji dan umrah dengan lebih baik agar pengalaman beribadah Anda lebih maksimal dengan eHajj.

eHajj merupakan aplikasi mobile islami dengan fitur-fitur pemandu pelaksanaan dan persiapan ibadah haji dan umrah yang dapat memudahkan jama’ah untuk lebih fokus pada ibadahnya. Terdapat fitur-fitur lengkap seputar haji dan umroh, seperti panduan urutan kegiatan ibadah, penjelasan fiqih, panduan perencanaan, dan panduan perjalanan. Dilengkapi juga dengan kamus, direktori, dan fitur-fitur lain yang akan membantu dalam perjalanan haji atau umrah di Makkah nanti.

Ada tiga pilihan versi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yaitu eHajj dan eHajj+. Pada versi eHajj ini terdapat fitur-fitur dasar seputar haji dan umrah, seperti:

  • Fiqh Ibadah Haji/Umroh
  • Daftar Do’a
  • Peta Perjalanan Online
  • Daftar Situs Ziarah
  • Kamus Percakapan Bahasa Arab
  • Kalender Hijriyah
  • Jam Arab Indonesia
  • Tips Perjalanan
  • Berita Haji

Aplikasi eHajj+ bisa didapatkan melalui pemesanan ke [email protected] Untuk informasi panduan penggunaan aplikasi eHajj ini, Anda bisa mendownloadnya secara gratis, klik di sini

Aplikasi Layanan Haji E-Hajj yang Membantu Jemaah Indonesia

Sumber :

  • https://mizanapps.com/ehajj
  • https://kemenag.go.id/read/apa-itu-e-hajj-aplikasi-yang-memudahkan-jemaah-haji-indonesia-gmz3p
  • https://microsite.suara.com/haji/read/2022/06/27/204337/mengenal-fungsi-e-hajj-aplikasi-layanan-haji-yang-membantu-jemaah-indonesia?page=2
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,