Apakah perbedaan SMA dan SMK ? SMA merupakan satuan pendidikan setelah jenjang SMP yang menjadi wadah pengembangan kualitas dan mutu peserta didik yang mengedepankan kemampuan teroritis dengan harapan menjadi seorang lulusan yang idealis ilmu pengetahuan, di SMA ada 3 jurusan yaitu IPA, IPS dan Bahasa.

Setelah lulus SMP, baiknya lanjut ke SMA atau SMK? Atau, sudah berstatus siswa disalah satunya? Masih suka penasaran dengan apa yang dipelajari dan dihadapi siswa-siswi di SMA atau SMK? Mari cari tahu lebih banyak tentang perbedaan keduanya, SobatPhi.

Apakah perbedaan SMA dan SMK ?

SMK merupakan Sekolah Menengan Kejuruan satuan pendidikan setelah jenjang SMP yang menjadi wadah pengembangan kualitas dan mutu peserta didik yang mengedepankan kemampuan praktik dan dengan harapan menjadi lulusan yang ahli dalam suatu bidang. SMK memiliki jurusan yang lebih banyak dibanding SMA.

Bagi SobatPhi siswa kelas 9 SMP yang masih bingung ingin melanjutkan pendidikan di SMA atau SMK, tak usah bingung ada artikel yang bisa di jadikan referensi SobatPhi saat melanjutkan pendidikan.

Perbedaan SMA dan SMK :

SMA

Menekan pada hal hal tentang teoritis dibanding praktik, peserta didik SMA memiliki kualitas yang lebih unggul di banding peserta didik SMK. Namun hal ini kembali lagi ke diri kita masing-masing tentang semangat belajar dan sungguh-sungguh.

Sasaran utama SMA yaitu menjadikan seorang peserta didik sebagai seorang yang di siplin ilmu, sehingga setiap mata pelajaran akan di luas secara detail dan rinci hingga peserta didik benar-benar paham. Ini
salah satu perpedaan SMA atau SMK, dari segi jumlah SMA lebih merata dan biaya di SMA juga relatif lebih murah.

SMK

Di banding SMA, SMK lebih menekankan pada hal-hal tentang praktik di banding teori, peserta didik di jarkan kemampuan praktik secara langsung sampai benar-benar paham dan nantinya saat lulus mahir dalam bidangnya dan dengan kemampuanya dapat di gunakan masa depanya (dunia kerja).

Biaya SMA dan SMK

Ini salah satu perbedaan tujuan sma dan smk, untuk dari jumlah siswa SMK biasanya tidak merata dan biaya di SMK relatif lebih tinggi karena banyak biaya praktik. Secara umum, biaya sekolah di SMA lebih rendah daripada SMK. Salah satu sebab biaya sekolah di SMK lebih tinggi adalah karena adanya praktik di dalam maupun di luar sekolah.

Tentunya, pembiayaan sekolah SMA masih berbeda antara SMA negeri dan SMA swasta favorit. Demikian pula antara satu jurusan dengan jurusan yang lain di SMK.

Kurikulum SMA dan SMK

Adapun perbedaan kurikulum sma dan smk yang berbeda-beda, untuk Ujian Nasional (UN) juga berbeda. Pebedaan un sma dan smk tentunya dari mata pelajaranya SMK lebih banyak, kerena di setiap jurusan mempunyai pelajaran masing-masing dan di tambah ujian praktik kejuruan. Beda lagi dengan SMA yang lebih sedikit di banding SMK.

Perbedaan pembelajaran sma dan smk sudah dijelaskan di atas, yang intinya SMA lebih menekankan Teori dan SMK lebih menekankan Praktik.

Untuk perbedaan jurusan sma dan smk, biasanya SMA memiliki 3 jurusan yaitu IPA, IPS dan Bahasa. Sedangkan SMK memiliki jurusan yang lebih banyak di banding SMA.

Semua kembali lagi pada diri SobatPhi tentang minat dan bakat, yang terpenting anda nyaman saat belajar , bersungguh-sungguh dan mampu mengikuti setiap pembelajaran.

Bagi SobatPhi yang masih bingung memilih SMA atau SMK, bisa konsultasikan pada orang tua jangan sampai salah pilih nantinya.

Jika SobatPhi masih bingung ingin mencari atau memilih sma atau smk anda bisa mencari informasi dari sanak saudara anda agar nantinya anda bisa mendapatkan referensi dari saudara SobatPhi.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Download-PDF-Jadwal-Acara-Belajar-Dari-Rumah-di-TVRI-20---26-April-2020
Download PDF soal dan jawaban SD SMP SMA Sederajat Belajar dari Rumah di TVRI Kamis 23 April 2020

Kuliah-di-Bina-Nusantara-Segudang-Prestasi-dan-Reputasinya
Kuliah di Bina Nusantara Segudang Prestasi dan Reputasinya

Jawaban-Materi-SD-Kelas-4-6-Belajar-di-TVRI-Senin-27-April-2020
Jawaban Materi SD Kelas 4-6 Belajar di TVRI Senin 27 April 2020

Close