Apakah Boleh Menyimpan Kurma di Freezer? Cek Penjelasannya Disini. Anda dapat dengan mudah memperoleh buah luar biasa ini, yang memiliki umur simpan yang lama. Kurma kering tersedia untuk dibeli di Internet atau di toko bahan makanan.

Dengan demikian, penting untuk mengetahui apakah kurma bisa dibekukan atau tidak. Dikutip dari Eat Delights, Sabtu (25/3/2023), berikut penjelasan mengenai apakah kurma bisa disimpan di freezer dan caranya.

Kurma adalah salah satu buah yang sangat bergizi. Kurma berwarna cokelat keemasan dan memiliki rasa yang sangat manis. Selain rasanya yang enak, kurma menawarkan banyak manfaat kesehatan. Kurma adalah sumber antioksidan, serat makanan, dan mineral yang baik, menjadikannya salah satu makanan terbaik untuk kesehatan Anda.

Apakah Boleh Menyimpan Kurma di Freezer? Cek Penjelasannya Disini

Apakah kurma bisa disimpan di freezer?

Jawabannya adalah ya, Anda bisa menyimpan kurma di freezer. Membekukan atau menyimpan kurma di freezer adalah proses yang digunakan untuk mengawetkannya.

Akan sangat membantu jika Anda menyimpan kurma dalam jumlah besar untuk digunakan di masa mendatang. Namun, beberapa tips dan instruksi harus diikuti untuk memaksimalkan proses ini.

Anda dapat membekukan kurma segar atau kering.

Apakah Boleh Menyimpan Kurma di Freezer? Cek Penjelasannya Disini

Kurma sangat sensitif terhadap suhu beku. Pembekuan membuat kurma kehilangan kesegaran dan rasanya dengan cepat, oleh karena itu Anda harus bertindak cepat untuk mendapatkan hasil terbaik.

Selain itu, kurma akan kehilangan sebagian nilai gizinya. Namun, dampaknya tergantung pada bagaimana Anda mempersiapkan kurma sebelumnya untuk dibekukan.

Kurma mengandung banyak kelembapan, dan jumlah ini meningkat saat Anda membekukannya. Inilah sebabnya mengapa kurma bisa menjadi lembek atau lunak.

Apakah Boleh Menyimpan Kurma di Freezer? Cek Penjelasannya Disini

Berapa lama kurma bisa disimpan di freezer?

Pembekuan dapat mempersingkat masa simpan kurma, tetapi jika Anda membekukannya dengan benar, kurma dapat mempertahankan manfaat kesehatannya hingga enam bulan di dalam freezer.

Untuk memperpanjang umur simpannya, Anda harus memisahkan kurma satu per satu sebelum memasukkannya ke dalam wadah atau kantong yang dapat digunakan di freezer. Setelah dipisahkan dan ditempatkan di dalam wadah, pastikan tidak ada uap air yang dapat masuk atau keluar.

Jika Anda membekukan kurma, perhatikan berapa banyak yang Anda konsumsi.

Kurma yang masih segar atau kering dapat dipotong kecil-kecil dan disimpan di dalam freezer selama lebih dari setahun asalkan tidak ada uap air di dalamnya.

Apakah Boleh Menyimpan Kurma di Freezer? Cek Penjelasannya Disini

Cara membekukan kurma

Kurma sangat sensitif terhadap kelembapan. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan dan melindunginya saat menyiapkannya untuk dibekukan agar terasa segar segera setelah Anda mencairkannya.

Anda dapat membekukan kurma segar atau kurma kering. Kurma segar harus dicuci dan kemudian dikeringkan secara menyeluruh dengan handuk untuk memastikan tidak ada kelembapan tambahan yang masuk ke dalam buah.

Sebarkan di rak dan biarkan mengering pada suhu kamar, sebaiknya di area dengan udara segar. Sebaiknya gunakan kurma kering yang lunak karena mengandung lebih sedikit kelembapan.

Konsistensinya tidak akan berubah setelah dibekukan, dan Anda akan merasakan rasa manis yang sama dari buah-buahan ini.

Apakah Boleh Menyimpan Kurma di Freezer? Cek Penjelasannya Disini

Masukkan ke dalam freezer dalam kantong atau wadah plastik. Taruh di satu lapisan dan bekukan sampai padat.

Saat Anda menyimpan kurma kering, ingatlah untuk menjauhkannya dari jenis makanan lain karena dapat menyerap kelembapan, yang menyebabkan kebasahan.

Juga, tandai tanggal penyimpanan pada kemasannya, sehingga Anda tahu sudah berapa lama kurma berada di sana.

Cara mencairkan kurma beku

Anda bisa mencairkan kurma yang dibekukan dengan air, pada suhu ruangan atau di kulkas. Jika Anda mencairkan kurma pada suhu kamar, masukkan ke dalam mangkuk berisi air dingin dan diamkan selama sekitar satu jam sampai mencair.

Alternatifnya, Anda dapat meletakkan wadah berisi kurma beku di bawah air dingin sambil memecah balok buah beku menjadi potongan-potongan kecil.

Setelah itu, tiriskan semua cairan. Anda akan mendapatkan kurma yang sehat dan lezat.

Untuk mencairkan kurma di kulkas, masukkan ke dalam kantong atau wadah tertutup dan biarkan di sana semalaman.

Apakah Boleh Menyimpan Kurma di Freezer? Cek Penjelasannya Disini

Sumber : https://www.kompas.com/