Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Apakah Anjing Buta Warna?,  Bagaimana Cara Seekor Anjing Melihat dunia?, anjing memiliki penciuman yang tajam, akan tetapi memiliki penglihatan yang kurang baik.

Anjing ternyata bisa melihat berbagai jenis warna kecuali merah dan hijau.

Baca Yuk :

Apakah Anjing Buta Warna?,  Bagaimana Cara Seekor Anjing Melihat dunia?

Anjing melihat dunia dalam warna yang lebih sedikit berbeda. Walaupun demikian, anjing tidak benar-benar buta warna. Namun bahkan jika dunia visual anjing tidak sejelas manusia, kemampuannya untuk melihat gerakan lebih unggul.

Dilansir dari national geographi, Mata anjing, seperti kebanyakan mamalia lainnya, hanya terdiri dari dua jenis kerucut. Ini memungkinkan otak mereka untuk membedakan biru dari kuning, tetapi tidak merah dari hijau.

Anjing tidak sepenuhnya buta warna. Mata mereka terstruktur dengan cara yang mirip dengan orang dengan buta warna merah-hijau. Mereka yang mengalami ini, matanya juga tidak memiliki jenis kerucut ketiga yang biasanya ada pada manusia, tutur Jay Neitz. Ia adalah seorang ilmuwan penglihatan warna di Universitas Washington.

Untuk melihat warna biru dan kuning, anjing dan manusia mengandalkan neuron di dalam bagian mata yang disebut retina. Neuron-neuron ini terangsang sebagai respons terhadap cahaya kuning yang terdeteksi di sel kerucut. Akan tetapi aktivitas neuron akan ditekan ketika cahaya biru mengenai kerucut.

Ada beberapa bukti bahwa anjing mungkin bisa melihat warna yang tidak bisa dilihat manusia. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B menemukan bahwa lensa di mata anjing mengirimkan sejumlah besar sinar ultraviolet.

Selain kehilangan beberapa warna, penglihatan anjing juga tidak setajam penglihatan manusia. Para peneliti merancang tes ketajaman visual anjing. Ini mirip dengan tes yang diberikan dokter mata kepada manusia.

Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dipublikasikan dalam Royal Society Journal Open Science. Hasil penelitian menyebutkan bahwa anjing tidak bisa melihat dengan jelas warna merah dan hijau.

Anjing menunjukan respon yang sama dengan manusia yang tidak bisa membedakan merah dan hijau.

Menurut American Kennel Club (AKC), Senin (13/12/2021), ada penemuan dan kesimpulan baru tentang anatomi dan perilaku anjing.

Temuan tersebut mengungkapkan bahwa anjing masih dapat melihat beberapa warna meski tidak bisa melihat warna yang sama dengan manusia. Anjing dapat melihat lebih dari sekadar warna abu-abu.

Pengetahuan itulah yang mungkin membantu menjelaskan mengapa beberapa anjing sangat menyukai bola tenis berwarna kuning, tapi tidak dengan bola yang sama dalam warna merah muda atau merah.

Referensi:

  • https://nationalgeographic.grid.id
  • https://www.halodoc.com
  • https://www.kompas.com

https://bobo.grid.id

Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,