Apa Pengertian Gerhana Matahari Hibrida? Kapan Gerhana Matahari 2023 Ini?. Kapan Gerhana Matahari 2023? Ternyata Indonesia pada tahun 2023 ini akan mengalami gerhana matahari. Peristiwa ini terjadi saat terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi.

Kapan Gerhana Matahari 2023? Gerhana adalah salah satu fenomena alam yang cukup langka terjadi. Tidak setiap saat gerhana terjadi dan dapat terlihat dari kawasan Indonesia.

Apa Pengertian Gerhana Matahari Hibrida? Kapan Gerhana Matahari 2023 Ini?

Gerhana Matahari merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan. Peristiwa gerhana matahari hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan merupakan salah stau peristiwa alam yang dapat diprediksi sebelumnya.

Pada tahun 2023 ini diprediksi terjadi empat kali gerhana, yaitu:
1. Gerhana Matahari Hibrid (GMH) 20 April 2023 yang dapat diamati dari Indonesia,
2. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 5-6 Mei 2023 yang dapat diamati dari Indonesia,
3. Gerhana Matahari Cincin (GMC) 14 Oktober 2023 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, dan
4. Gerhana Bulan Sebagian (GBS) 29 Oktober 2023 yang dapat diamati dari Indonesia.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Modern Warships 25 Maret 2024 Valid Terbaru, Simak Tips Cara Main

Gerhana Matahari 2023 istimewa. Gerhana Matahari Hibrid ini terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi berada tepat segaris (berada dalam garis lurus). Hal ini menyebabkan di suatu tempat tertentu terjadi peristiwa yang menunjukkan piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari.

Apa Pengertian Gerhana Matahari Hibrida? Kapan Gerhana Matahari 2023 Ini?

Di saat yang sama dan di lokasi berbeda, saat gerhana matahari hibrid terjadi maka peristiwa yang terlihat adalah peristiwa piringan Bulan yang teramati dari Bumi sama dengan piringan Matahari.

Akibatnya, saat puncak gerhana di suatu tempat tertentu, maka Matahari akan tampak seperti cincin. Yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya. Sedangkan di tempat tertentu lainnya, Matahari seolah-olah tertutupi Bulan.

Baca Juga :  KODE REDEEM Free Fire 25 Maret 2024 Terbaru

Hal ini mengakibatkan Gerhana Matahari Hibrid terdiri dari dua tipe gerhana yaitu Gerhana Matahari Cincin dan Gerhana Matahari Total. Terdapat tiga macam bayangan Bulan yang terbentuk saat GMH, yaitu antumbra, penumbra, dan umbra.

Di wilayah yang terlewati antumbra, gerhana yang teramati adalah Gerhana Matahari Cincin. Sedangkan di wilayah yang terkena penumbra, gerhana yang teramatinya berupa Gerhana Matahari Sebagian. Kemudian di daerah tertentu lainnya yang terlewati umbra, gerhana yang teramati berupa Gerhana Matahari Total.

Apa Pengertian Gerhana Matahari Hibrida? Kapan Gerhana Matahari 2023 Ini?

Dalam prediksi BMKG, sebagian besar wilayah Indonesia, kecuali wilayah utara Aceh, mengalami penampakan Gerhana Matahari dan dapat dilihat jelas. Gerhana Matahari yang terlihat adalah Gerhana Matahari total dan Gerhana Matahari sebagian.

Baca Juga :  KODE REDEEM PUBG 25 Maret 2024 Terbaru

Kapan Gerhana Matahari 2023? Gerhana Matahari 2023 diprediksi jatuh pada 20 April 2023 dan dapat diamati mulai dari pukul 09.29-12.06 WIB waktu Jakarta dengan puncak gerhana terjadi pada pukul 10.45 WIB.

Apa Pengertian Gerhana Matahari Hibrida? Kapan Gerhana Matahari 2023 Ini?

Sumber : https://www.detik.com/