Apa Manfaat Buah Pare ? Untuk Menstabilkan Kadar Gula Darah. Pare adalah salah satu jenis buah yang disajikan seperti sayuran. Pasalnya, tidak seperti buah pada umumnya, pare memiliki rasa yang pahit sehingga lebih cocok dikonsumsi layaknya sayur.

Pare mengandung banyak nutrisi, seperti serat, vitamin A, vitamin C, asam folat, kalium, natrium, zink, dan zat besi. Dari kandungan zat gizinya, pare menjadi makanan yang sehat bergizi.

Meskipun pahit, pare tetap digemari banyak orang. Menariknya, pare juga kaya nutrisi yang memberikan banyak manfaat. Berikut ulasannya!

Apa Manfaat Buah Pare ? Untuk Menstabilkan Kadar Gula Darah

Pare merupakan jenis sayuran yang terkenal dengan rasa pahitnya. Namun, di balik rasa pahit itu, pare memiliki beragam manfaat yang menyehatkan.

Jenis sayuran ini banyak tidak disukai karena rasanya yang pahit. Padahal, pare kaya akan nutrisi seperti, vitamin A dan vitamin C.

Biasanya, pare disajikan sebagai tumisan,, urap, atau pelengkap siomay. Meskipun pahit, cara mengolah pare yang benar bisa mengurangi rasa pahitnya.

Kandungan Nutrisi Pare

Pare mengandung berbagai macam nutrisi penting. Diketahui, dalam satu cangkir (94 gram) pare mentah mengandung:

Kalori: 20
Karbohidrat: 4 gram
Serat: 2 gram
Vitamin C: 93% dari Referensi Asupan Harian (RDI)
Vitamin A: 44% dari RDI
Folat: 17% dari RDI
Kalium: 8% dari RDI
Seng: 5% dari RDI
Besi: 4% dari RDI

Pare memiliki banyak kandungan vitamin C, mikronutrien penting memiliki berbagai manfaat, seperti mencegah penyakit, pembentukan tulang, dan penyembuhan luka. Vitamin A yang tinggi dalam pare, akan larut dalam lemak, sehingga berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan.

Pare juga mengandung folat yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan, serta potasium, seng, dan zinc dalam jumlah yang lebih kecil.

Selain itu, pare juga merupakan sumber katekin, asam galat, epikatekin, dan asam klorogenat yang baik, senyawa antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel Anda dari kerusakan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Latihan SOAL Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 10 Ulangan Ujian Semester 2 Thn 2024 Kurikulum Merdeka

1. Mencegah Sembelit

Disampaikan oleh dr. Gia Pratama, “Pare kaya akan serat, baik serat larut maupun serat tidak larut. Serat membantu menjaga pencernaan yang sehat dengan mencegah sembelit”. 

Peran serat adalah menjaga tekstur feses tetap lunak. Dengan begitu, feses bisa melewati usus dan keluar dari tubuh dengan mudah.

Kamu bisa mendapatkan manfaat sayur pare ini dengan mengonsumsi makanan berserat lainnya, serta cukup minum air setiap hari.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

“Kandungan serat pada pare memperbaiki pergerakan usus, dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.”, tambah dr. Gia.

Gerakan usus yang lancar membuat kamu ruting buang air besar. Kamu tidak akan mengalami sembelit, perut terasa penuh maupun gejala mengganggu lainnya.

Serat juga menjadi makanan bagi bakteri baik di usus. Nah, keseimbangan bakteri usus yang terjaga dengan baik dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan secara menyeluruh.

3. Meredakan Asam Lambung

Manfaat buah pare tidak cuma untuk mencegah susah BAB, tapi juga bisa menurunkan masalah asam lambung, seperti perut mulas, perut kembung dan penuh gas.

Tumbuhan pahit dianggap merangsang fungsi pencernaan dengan meningkatkan produksi air liur, menekan produksi asam lambung, dan meningkatkan enzim pencernaan.

4. Bantu Kendalikan Berat Badan

Pare mengandung antioksidan yang membantu memperlancar sistem pencernaan Anda. Ketika metabolisme dan sistem pencernaan meningkat, penurunan berat badan pun akan menjadi lebih mudah serta cepat.

“Konsumsi cukup serat juga mendukung pengendalian berat badan yang baik”, ujar dr. Gia. Alasannya, karena serat membuat perut kenyang lebih lama sehingga bisa menekan keinginanmu untuk ngemil makanan tidak sehat.

5. Mengatur Gula Darah

Diabetes sebagian besar disebabkan karena ketidakmampuan sel menyerap gula dalam darah. Hal ini bisa terjadi karena sel-sel dalam tubuh tidak peka terhadap insulin atau resistensi terhadap insulin.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal IPAS Kelas 5 SD Halaman 189 Kurikulum Merdeka: Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris

Akibatnya, pengidap diabetes mudah sekali mengalami kenaikan atau penurunan kadar gula darah yang tidak normal. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, tapi bisa dikelola gejala dan keparahannya dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

“Pare diketahui memiliki efek mengatur gula darah yang bermanfaat, terutama untuk penderita diabetes. Senyawa aktif dalam pare dapat membantu meningkatkan toleransi glukosa dan mengurangi penyerapan glukosa dari makanan, sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil”, jelas dr. Gia.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan plak lemak menumpuk di arteri. Kondisi ini memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Satu penelitian pada manusia menemukan bahwa pemberian ekstrak pare yang larut dalam air menyebabkan penurunan kadar LDL atau kolesterol jahat.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Kegunaan pare dalam menurunkan kadar kolesterol ternyata juga berdampak baik untuk kesehatan jantung. Perlu kamu ketahui bahwa kadar kolesterol tinggi menjadi salah satu faktor penyakit jantung.

Itu artinya, konsumsi pare bisa menjaga kesehatan jantung. Terlebih pare juga mengandung antioksidan dan kalium yang bisa mencegah peradangan dan menstabilkan tekanan darah.

8. Menurunkan Risiko Kanker

“Pare mengandung senyawa antioksidan, termasuk polifenol dan flavonoid, yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker”, papar dr. Gia.

Di samping itu, beberapa penelitian berbasis hewan juga menunjukkan bahwa khasiat pare dalam menurunkan risiko kanker berasal dari beberapa mekanisme berikut:

  • Mampu memblokir pertumbuhan kanker
  • Dapat menghambat penyebaran sel kanker payudara
  • Meningkatkan kematian sel kanker

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan. Tujuannya, untuk menentukan bagaimana pare dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kanker pada manusia bila dikonsumsi dalam jumlah normal yang ditemukan dalam makanan.

9. Mendukung Kesuburan Pria

Dalam penelitian, antioksidan seperti vitamin C dapat membantu kesuburan pria. Pasalnya, antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas yang sering menyebabkan stres oksidatif.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Top War Battle 14 Januari 2024 Terbaru Valid, Simak Tips Cara Main

Manfaat pare untuk kesuburan pria ini juga didukung dengan zink. Mineral ini penting untuk produksi sperma, morfologi sperma, jumlah sperma, dan fungsi sperma yang baik.

Dalam penelitian, konsentrasi zink dalam air mani berhubungan langsung dengan kualitas sperma. Pasalnya, pria dengan infertilitas biasanya memiliki kadar zink yang rendah dalam air mani mereka.

10. Menunda Penuaan

Selain perawatan dari luar, kulit kamu juga membutuhkan nutrisi. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah dari makanan, seperti pare.

Manfaat pare untuk kulit wajah ini didapat dari kandungan antioksidan. Ketika kulit terpapar radikal bebas, kulit bisa menua lebih cepat. Nah, adanya antioksidan bisa melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dengan kata lain, konsumsi sayur dan buah tinggi antioksidan seperti pare bantu memperlambat penuaan pada kulit wajah.        

11. Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C yang terkandung pada sayur pare juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin ini meningkatkan produksi sel darah putih yang membentuk antibodi. Tubuh menggunakan antibodi tersebut melawan infeksi bakteri, virus, maupun parasit.

12. Berpotensi Mengobati Asam Urat

Belum lama ini penelitian menunjukkan manfaat pare untuk asam urat. Studi berbasis tikus albino ini mengamati efek pemberian ekstrak biji pare.

Hasilnya menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar asam urat. Penyakit asam urat sendiri terjadi karena kadar asam urat yang terlalu tinggi dan menyebabkan peradangan pada persendian.

Apa Manfaat Buah Pare ? Untuk Menstabilkan Kadar Gula Darah

Sumber : www.klikdokter.com

Live Streaming