Apa itu Petani Digital 4.0. Sekarang saatnya zaman Petani Digital 4.0. Petani Digital 4.0 ini merupakan babak baru dimana semua aspek kehidupan akan didominasi oleh kecanggihan teknologi, pemanfaatan teknologi artificial intelligence, dan terutamanya penggunaan internet. Bidang pertanian juga tak luput terkena dampak dari revolusi 4.0 tersebut. Ini adalah salah satu sumber ekonomi terbesar di Indonesia.

Apa itu Petani Digital 4.0

Salah satu upaya pemerintah dalam penghadapi pertanian 4.0 di era revolusi adalah dengan membuat aplikasi yang berbasis online, seperti aplikasi Smart Farming, Katam, Smart Irrigation, Si Mantap, dan Smart Green House. Dengan aplikasi tersebut maka akan memudahkan para petani Indonesia dalam mengelolah lahan pertaniannya dengan cara yang baik dan benar.



Hal ini juga ditujukan khusus untuk menunjang efisiensi dan meningkatkan produksi hasil pertanian. Tidak hanya itu, Kementerian Pertanian ternyata juga akan mengembangkan berbagai macam inovasi dalam menghasilkan mesin pertanian yang jauh lebih canggih dari sebelumnya.

Beberapa contoh mesin pertaniannya diantaranya traktor tanpa operator, robot grafting, dan pesawat drone untuk deteksi unsur hara yang ada di dalam tanah. Dengan teknologi terkini tersebut diharap agar produksi pertanian di Indonesia dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Kementerian Pertanian juga akan mendirikan bendungan untuk dukung ketahanan pangan nasional. Bendungan ini nanti akan menjadi sumber irigasi dan pengendalian banjir. Adanya ketahanan pangan nasional tentu saja diharapkan agar bisa memenuhi ketersediaannya sumber makanan pokok bagi masyarakat Indonesia sendiri.

Dalam menghadapi era revolusi 4.0, Kementerian Pertanian telah siapkan rencana pengembangan pertanian yang lebih baik lagi yaitu :



1.Pengembangan dunia teknologi untuk produksi hasil yang berbeda menggunakan teknik baru.
2.Teknologi yang digunakan untuk tingkatkan efisiensi rantai pangan.
3.Pengembangan kolaborasi teknologi juga aplikasi lintas industri pertanian.
4.Ada beberapa inovasi yang mulai dikembangkan Kementerian Pertanian, seperti mobile internet, cloud computing, dan artificial intelligence.

Nah, semoga dengan adanya artikel singkat tentang Pertanian 4.0, dapat menjadi gambaran ke depan untuk pengembangan petani digital.

https://petanidigital.id/pertanian-4-0/

Read previous post:
bpjs-ketenagakerjaan
Pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3 Tahun 2021

Close