Greeone

Anjuran Tidur Siang Untuk Kesehatan Ibu Hamil. Seseorang yang sedang hamil biasanya mengalami beberapa perubahan, khususnya kondisi fisik. Kualitas tidur siang yang baik bagi ibu hamil membawa manfaat yang bagus selama proses kehamilan.

Anjuran Tidur Siang Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Baca Yuk :

Melansir dari Sehatq, perubahan fisik selama kehamilan bisa menimbulkan berbagai keluhan, termasuk gangguan tidur di malam hari. Hal ini memungkinkan ibu tidur siang saat hamil. Namun, sebenarnya bolehkah ibu hamil tidur siang? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk tidur siang. Malah kegiatan ini mendatangkan manfaat bagi kehamilan.

Kehamilan sering kali menimbulkan keluhan yang mengganggu waktu tidur di malam hari. Dengan tidur siang, kebutuhan waktu tidur ibu hamil dapat tercukupi. Hal ini tentu bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin.

Berikut ini beberapa manfaat tidur siang saat hamil yang sayang untuk kamu lewatkan, seperti dilansir pada laman Sehatq.

1. Menurunkan risiko BBLR

BBLR atau berat badan bayi lahir rendah merupakan kondisi kesehatan serius karena bisa meningkatkan risiko kesakitan dan kematian bayi, serta gagal tumbuh.

Sebuah penelitian dalam jurnal Sleep Medicine menyatakan bahwa tidur siang yang tepat mampu mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah (BBLR)

2. Mencegah preeklampsia

Kurang tidur di malam hari sering dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan yang bisa memicu komplikasi kehamilan.
Kurang tidur, terutama di trimester pertama, diketahui berhubungan erat dengan peningkatan tekanan darah pada trimester ketiga. Hal ini tentu berbahaya bagi ibu dan janin karena bisa menyebabkan preeklampsia.

Dengan tidur siang, diharapkan kebutuhan waktu tidur pada ibu hamil dapat tercukupi dengan baik.

3. Menjaga kesehatan jantung

Tidur di siang hari diketahui dapat membantu jantung berdetak dengan normal. Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang mengalami tekanan mental dan tidur siang selama 45-60 menit memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

Jadi, tidur siang bisa menjadi sarana untuk membuat tubuh Anda rileks atau pulih dari kondisi atau tekanan aktivitas di siang hari.Hal ini tentu bermanfaat bagi ibu hamil yang memiliki risiko untuk mengalami peningkatan tekanan darah dan kondisi stres selama kehamilan.

4. Mengatasi insomnia

Siapa sangka, tidur siang bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Sebuah penelitian menyatakan bahwa tidur selama 30 menit, antara pukul 1-3 sore yang dikombinasikan dengan peregangan di malam hari dapat meningkatkan kualitas tidur malam.

Ini juga berkontribusi pada peningkatan kesehatan fisik dan mental ibu hamil.

5. Mengatasi kelelahan

Kelelahan merupakan gejala utama kehamilan yang bisa terjadi selama hampir 9 bulan hingga melahirkan. Perubahan hormonal, perubahan fisik, dan kondisi tertentu selama kehamilan turut mengakibatkan kelelahan pada ibu hamil.

Tidur siang bisa menjadi solusi mengatasi kelelahan saat hamil.

Anjuran Tidur Siang Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Sumber: Sehatq

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , , , , ,

Streaming Now