Angkatan Corona, Tidak Mengalami UN dan Acara Kelulusan. Gegap gempita kelulusan dan rasa deg-degan menjelang Ujian Nasional tidak dirasakan oleh angkatan 2020, atau saat ini disebut dengan Angkatan Corona. Karena adanya pandemi, siswa angkatan 2020 harus berpisah dengan teman-teman sekelasnya tanpa ada acara perpisahan. Tapi ternyata, angkatan ini juga disebut-sebut sebagai angkatan emas oleh presenter kondang Najwa Shihab.



Angkatan Corona, Tidak Mengalami UN dan Acara Kelulusan

Menurutnya, ada enam poin yang patut dibanggakan oleh angkatan 2020. Berikut alasannya.

  1. Agen Perubahan

Sistem pendidikan di Indonesia banyak yang diubah tahun ini. Siswa dan mahasiswa dibiasakan belajar secara online. “Nggak ada lagi tuh kasus siswa dimarahi karena sepatu warna-warni atau karena tawuran sepulang sekolah,” tambahnya. Penyesuaian juga dilakukan hingga penghapusan ujian nasional secara merata di seluruh jenjang pendidikan.

  1. Tahan Banting



Tahun 2020 merupakan tahun penuh tantangan, dituntut diam di rumah, banyak rencana harus dirancang ulang, dikepung rasa bosan, hingga internet di rumah ngadat. “Ketika lulus dibilang cuma dapat giveaway dari pemerintah. Padahal mereka yang lulus tahun ini seharusnya terlatih untuk lebih tegar, setidaknya secara mental dan emosi,” ujar wanita yang akrab disapa Nana ini.

  1. Percaya Terhadap Sains

Adanya covid-19 menjadi pelajaran bagi setiap dunia bahwa materi Sains yang selama ini dianggap sulit ternyata sangat berguna. Dimana angkatan 2020 ke belakang menjadi generasi rasional dan bersumber pada sains serta data, bukan hanya teori semata.

  1. Sadar Krisis Iklim

Situasi baru membuat anak muda menjadi punya pola pikir berorientasi masa depan. PR manusia setelah wabah adalah adanya Krisis Iklim. Selain percaya akan sains, bahwa batas bangsa dan negara bukanlah hal penting menghadapi musibah bersama.

  1. Ujian Sebenarnya Setelah Lulus

Ujian yang sebenarnya adalah ketika mencari kerja. Banyaknya PHK dan perusahaan tutup menjadi krisis pekerjaan bagi yang baru lulus. “Tapi ini momentum bagi angkatan 2020 menjawab tantangan di era ini. Sekreatif mungkin untuk bisa membuat peluang kerja baru dalam berkontribusi memulihkan situasi ekonomi,” kata Najwa.

  1. Tabah Terhadap Rindu

Najwa Shihab mengungkapkan julukan lain untuk angkatan 2020 adalah angkatan LDR. “Yang punya kekasih, pujaan, gebetan, semua harus terbiasa oleh jarak. Seperti puisi dari Joko Pinurbo yang mengungkapkan Jarak itu tak pernah ada. Pertemuan dan perpisahan dilahirkan oleh perasaan,” tambahnya.



Angkatan Corona, Tidak Mengalami UN dan Acara Kelulusan

Terakhir, Najwa menambah untuk yang tidak wisuda tidak perlu kecewa. “Wisuda itu panggung, bukan bukti. Tidak bisa hadir wisuda fisik tidak akan mengurangi kualitas menjadi seorang cendekiawan. Justru ini pembuktian. Bukan dengan toga dan ijazah, tapi dengan upaya dan jerih payah. Dan itu dimulai dari hari ini. Karena 2020 adalah Angkatan Emas Indonesia,” pungkasnya.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Pandemi-Ajarkan-Kebiasaan-Baru-pada-PPDB-Jabar-2020
Pandemi Ajarkan Kebiasaan Baru pada PPDB Jabar 2020

PPDB Jabar 2020 Tahap 1 Berjalan Kondusif dan Disiplin Verifikasi
PPDB Jabar 2020 Tahap 1 Berjalan Kondusif dan Disiplin Verifikasi

Jadwal Belajar TVRI SD Kelas 1-3 Kelas 4-6, SMP, SMA SMK Minggu 28 Juni 2020
Jadwal Belajar TVRI SD Kelas 1-3 Kelas 4-6, SMP, SMA SMK Minggu 28 Juni 2020

Close