Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Amalan Peringatan Isra Miraj 2022 yang Disunahkan dan Hikmah Perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Peristiwa Isra Miraj diperingati setiap 27 Rajab. Tahun ini, Isra Miraj jatuh pada Senin (28/2/2022). Saat itu Rasulullah melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsho di Yerussalem.

Amalan apa yang sunah dikerjakan untuk memperingati Isra Miraj 1443 Hijriah? Sekadar info, Isra Miraj merupakan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW atas perintah Allah SWT yang ditempuh dalam waktu semalam.

Baca Yuk :

Amalan Peringatan Isra Miraj 2022 yang Disunahkan dan Hikmah Perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

Sedangkan Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW  dari bumi menuju langit ketujuh, lalu dilanjutkan ke Sidratul Muntaha.

Sidaratul Muntaha menjadi akhir perjalanan untuk menerima perintah Allah SWT yakni sholat lima waktu sehari semalam. Oleh karenanya, peristiwa Isra Mi’raj menjadi peristiwa yang agung dalam perjalanan hidup Nabi Muhammad.

Isra Mi’raj meruapkan salah satu peristiwa mukjizat bersejarah dalam Islam, yang diperingati setiap tahunnya pada 27 Rajab pada penanggalan Hijriah atau 28 Februari 2022 dalam penanggalan Masehi.

Peristiwa Isra Mi’raj’ ini tercatat dalam Al-Quran, sebagaimana yang tertulis dalam surat Al Isra’ ayat 1,

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Artinya: “Maha Suci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.”

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperingati peristiwa ini salah satunya dengan memperbanyak amalan baik dan mendekatkan diri kepada Allah swt. Kali ini Oase.id merangkum apa saja amalan yang dianjurkan.

1. Mendirikan salat sunnah

Saat malam Isra Mi’raj dianjurkan untuk mendirikan salat sunah sebanyak 12 rakaat dengan dua rakaat dan salam. Setiap rakaatnya membaca Al-Fatihah dan surat pendek lainnya, kemudian dilanjutkan untuk membaca Tasbih, Tahmid, dan Tahlil sebanyak 100 kali.

Salah satu zikir yang dianjurkan sebagai berikut :

Laa haula walaa quwwata illa billah

Artinya: “Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah.”

Zikir ini diajarkan oleh Nabi Ibrahim as kepada Nabi Muhammad ﷺ pada saat perjalanannya ke langit ke tujuh.

2. Memperbanyak istighfar dan berdoa

Kitab Risalah Amaliyah menjelaskan bahwa “Barangsiapa membaca (istighfar) pada bulan Rajab, bulan Sya’ban dan bulan Ramadan dibaca setiap hari terutama pada waktu antara shalat Ashar dan Maghrib, maka Allah Swt mewahyukan kepada dua malaikat agar merobek buku catatan dosa dan kesalahannya semasa hidupnya.”

Selain itu, Imam Ghazali meriwayatkan yaitu :

ويدعو لنفسه بما شاء من أمر دنياه وآخرته ويصبح صائما فإن الله يستجيب دعائه كله الا أن يدعو في معصية

“kemudian terus berdo’a untuk dirinya apa saja yang dikehendaki mulai dari urusan dunia maupun urusan akhirat, dan pagi harinya berpuasa, maka Allah akan mengijabah do’anya semuanya kecuali do’a untuk maksiat (dosa).”

3. Berpuasa

Selain salat sunah dan memperbanyak berdzikir, pada tanggal 27 Rajab juga dianjurkan untuk menunaikan puasa sunah. Keutamaan dari berpuasa pada hari tersebut seperti melaksanakan puasa sebulan penuh, hingga dijauhkan dari pintu neraka.

Amalan Peringatan Isra Miraj 2022 yang Disunahkan dan Hikmah Perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

Hikmah Perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad

Nabi Muhammad melalukan perjalanan Isra Miraj pada 27 Rajab. Banyak pelajaran yang dapat diambil dari peristiwa tersebut.

Pertama, dengar dan taat

Ketika Allah memberikan perintah lima puluh shalat setiap hari kepada Nabi kita Muhammad, dia tidak meminta lebih sedikit. Dia menerima perintah Allah . Dia mendengarkan dan dia taat, seperti dalam surat Al Baqarah ayat 285

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Rasul (Muhammad) beriman kepada apa (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang mukmin. Masing-masing beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata,) “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Mereka juga berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami, wahai Tuhan kami. Hanya kepada-Mu tempat (kami) kembali.”

Mengikuti Nabi kita tercinta, kita juga harus mengadopsi sikap ini. Apa pun yang diperintahkan atau tidak dilakukan oleh Tuhan kita yang Maha Penyayang dan Nabi kita Muhammad, kita harus mendengarkan dan menaatinya.

Amalan Peringatan Isra Miraj 2022 yang Disunahkan dan Hikmah Perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

Kedua, menerima saran

 Baru setelah dinasihati oleh Nabi Musa (saw), Nabi kita Muhammad kembali memohon kepada Allah untuk mengurangi jumlah shalat. Ini menunjukkan bahwa dia  terbuka untuk menerima nasihat . Dia menerima nasihat Musa yang tulus dan penuh harapan.

Ketiga, menunjukkan perhatian

Mengikuti nasehat Nabi Musa untuk kembali kepada Allah untuk meminta pengurangan jumlah shalat juga menunjukkan cinta dan kepedulian Nabi Muhammad yang tulus kepada umatnya.

Dia kembali kepada Allah untuk kita. Dan dia kembali kepada Allah untuk meminta agar jumlah sholat dikurangi karena dia peduli pada kita.

Dia bisa melakukan 50 shalat setiap hari tetapi tidak semua umatnya sanggup menjalankannya. Ini menunjukkan cinta dan kekhawatiran Nabi Muhammad yang luar biasa bagi kita.

Keempat, Malu dihadapan Allah SWT

Nabi kita tercinta Muhammad, manusia sempurna, tidak kembali lagi di lain waktu karena merasa malu terhadap Allah SWT.

Kita perlu belajar darinya saat-saat kita merasa malu di hadapan Allah. Kita merasa malu karena kita melewatkan shalat.

Nabi Muhammad SAW mengutamakan Allah. Hubungannya dengan Allah adalah yang paling penting. Dia mengikuti nasehat Nabi Musa. Dia peduli dengan umatnya. Namun ia tidak bisa mengabaikan rasa malu di hadapan Tuhannya.

Amalan Peringatan Isra Miraj 2022 yang Disunahkan dan Hikmah Perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

Sumber :

Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,