Alumni Prakerja Bisa Dapat Bantuan Rp10 Juta, Cek Syaratnya. Pemerintah akan memberikan bantuan sebesar Rp10 juta bagi para peserta Prakerja yang telah selesai mencairkan seluruh insentifnya. Hanya saja, tidak semua peserta prakerja mendapatkan bantuan ini. Hanya ada 19.500 orang saja.



19.500 orang ini merupakan alumnus Prakerja yang menyatakan diri sebagai wirausaha. Ada kabar gembira bagi para alumni Prakerja yang telah terdaftar di Kartu Prakerja dari gelombang 1 hingga gelombang 12.

Alumni Prakerja Bisa Dapat Bantuan Rp10 Juta, Cek Syaratnya

Para alumni Prakerja ini masih bisa mendapatkan bantuan langsung tunai ( BLT) lagi senilai Rp 10 Juta. Diketahui, para peserta Kartu Prakerja mulai dari gelombang 1 hingga 12 mendapatkan insentif Rp 3,5 juta.

Belakangan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan ada bantuan keuangan lain yang akan diberikan kepada para alumni prakerja.

Manajemen Pelaksana Program ( PMO) Kartu Prakerja pun menyerahkan semua data alumni Prakerja ke Menko Perekonomian.

Kabar gembira datang bagi alumni peserta program Kartu Prakerja. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin menjelaskan program ini adalah langkah lanjutan bagi peserta Kartu Prakerja.




Jika alumni program Kartu Prakerja ingin meningkatkan kualitas dan skala produksinya, akan membutuhkan tambahan modal sehingga program KUR bisa untuk menaikkan skala usaha mereka ke depan.

Lantas bagaimana cara mendapatkan bantuan tersebut? Syarat KUR Super Mikro dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Masuk kategori usaha mikro.

2. Lama usaha calon penerima KUR Super Mikro tidak dibatasi minimal 6 bulan. Lama usaha dapat kurang dari 6 bulan dengan persyaratan:

– Mengikuti program pendampingan (formal atau informal); atau
– Tergabung dalam suatu kelompok usaha; atau
– Memiliki anggota keluarga yang telah memiliki usaha.

3. Bagi pegawai PHK tidak diwajibkan memiliki usaha minimal 3 bulan dengan pelatihan 3 bulan, tapi dapat kurang dari 3 bulan atau usaha baru dengan syarat yang telah diatur oleh pemerintah.

4. Belum pernah menerima KUR

Jika syarat KUR Super Mikro tersebut terpenuhi maka bisa mendapatkan bantuan program tersebut dari pemerintah.



Alumni Prakerja Bisa Dapat Bantuan Rp10 Juta, Cek Syaratnya

Dikutip dari laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, suku bunga KUR Super Mikro ditetapkan sebesar 0% (kredit tanpa bunga) sampai dengan 31 Desember 2020, dan 6% setelah 31 Desember 2020 dengan jumlah kredit maksimum Rp10 juta.

Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-011567101/19500-alumni-prakerja-bisa-dapat-bantuan-rp10-juta-simak-syarat-dan-ketentuannya?page=2

Read previous post:
Beasiswa S1 ke Timur Tengah Dari Kemenag April 2021
Beasiswa S1 ke Timur Tengah Dari Kemenag April 2021

Close