Dluz.club Portal Fashion Beauty Parenting Wisata

Alhamdulillah BLT Subsidi Gaji Cair, Ini Pekerja yang Memenuhi Syarat Dapat Rp1 Juta. Adanya perpanjangan PPKM Level 4 dan 3 di sejumlah wilayah Indonesia membuat pekerja atau karyawan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi gaji yang tak seberapa setiap bulannya membuat para pekerja harus mengatur pengeluaran dengan baik agar kebutuhan dapat terpenuhi.

Pemerintah mencairkan BLT subsidi gaji Rp1 juta tahap I untuk 947.499 pekerja. Para pekerja bisa mengecek rekeningnya apakah saldonya telah bertambah Rp1 juta. Namun, tidak semua pekerja mendapat BLT subsidi gaji tahun ini.

Baca Yuk :



Alhamdulillah BLT Subsidi Gaji Cair, Ini Pekerja yang Memenuhi Syarat Dapat Rp1 Juta

Pasalnya, pemerintah hanya mengalokasikan 8,7 juta pekerja mendapat BLT subsidi gaji. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar mendapat BLT subsidi gaji pada tahun ini. Simak fakta-fakta yang dikumpulkan Okezone terkait BLT Subsidi Gaji sebagai berikut :

1. BLT Subsidi Gaji Memiliki Syarat Penerima

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan, untuk mendapatkan BLT subsidi gaji, pekerja/buruh harus memenuhi seluruh persyaratan. Ini sebagaimana diatur dalam Permenaker Nomor 16 Tahun 2021.

“Pekerja/buruh yang memenuhi seluruh persyaratan berhak mendapatkan bantuan sebesar Rp500 ribu per bulan selama dua bulan yang dibayarkan secara sekaligus satu kali transfer, sehingga total yang didapatkan penerima sebesar Rp1 juta,” ujar Ida di Jakarta.

2. Apa Saja Syarat Bagi Penerima

a. Persyaratan yang dimaksud yaitu WNI dibuktikan dengan NIK.

b. Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan, dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan sampai dengan Juni 2021.

c. Pekerja/buruh yang berhak mendapatkan bantuan harus mempunyai gaji/upah paling banyak sebesar Rp3,5 juta. Dengan ketentuan, pekerja/buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP atau UMK lebih besar dari Rp3,5 juta, maka persyaratan gaji/upah tersebut menjadi paling banyak sebesar UMP atau UMK dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh. Sebagai contoh, Upah Minimum Kabupaten Karawang sebesar Rp4.798.312,00 dibulatkan menjadi Rp4.800.000.

d. Persyaratan lainnya, yaitu pekerja yang bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan Pemerintah sebagaimana dalam Lampiran I Permenaker Nomor 16 Tahun 2021.

e. BLT subsidi gaji tahun ini diutamakan untuk pekerja/buruh yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti, dan real estate, perdagangan dan jasa, kecuali jasa pendidikan dan kesehatan.




3. Perbedaan pada BLT Subsidi Gaji Tahun Lalu

Dilansir dari akun Instagram @kemnaker Kementerian Ketenagakerjaan mengungkapkan perbedaan skema BSU pada 2020 dan 2021.

Di tahun 2020: Batasan gaji atau upah penerima BSU maksimal sebesar Rp 5 Juta. Tidak ada batas wilayah maupun sektor. Dana yang diterima oleh penerima BSU sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan. Sehingga jumlah BSU yang didapatkan sebesar Rp 2,4 Juta. Penyaluran dana BSU menggunakan rekening pribadi penerima BSU.

Sementara BSU pada 2021: Batasan maksimal gaji atau upah sebesar Rp 3,5 Juta. Dengan ketentuan pekerja atau buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP atau UMK lebih besar dari Rp 3,5 Juta maka persyaratan gaji atau upah tersebut menjadi paling banyak sebesar UMP atau UMK dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh. BSU diberikan kepada pekerja atau buruh yang bekerja di wilayah PPKM level 3 dan level 4, kecuali Aceh.

Alhamdulillah BLT Subsidi Gaji Cair, Ini Pekerja yang Memenuhi Syarat Dapat Rp1 Juta

Sumber : https://economy.okezone.com/read/2021/08/14/320/2455586/fakta-blt-subsidi-gaji-cair-ini-pekerja-yang-memenuhi-syarat-dapat-rp1-juta

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,

Streaming Now