Agar Makin Pede Setelah Lulus, Undip Beri Pelatihan Soft Skill Setelah menyelesaikan kuliah, mahasiswa mempunyai beberapa pilihan untuk masa depannya. Mereka bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, langsung bekerja atau berwirausaha. Untuk membekali calon wisudawan agar mampu bersaing di dunia kerja dan menyiapkan mahasiswa dalam membangun karier, Universitas Diponegoro (Undip) menyelenggarakan pelatihan soft skills dengan tema ‘Mau Lulus Jangan Galau, Lanjut Studi ke Luar Negeri Mengapa Tidak?’ Direktur Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Hanifa Maher Denny mengungkapkan, pelatihan ini bertujuan untuk membangun rasa percaya diri calon wisudawan Undip agar tetap kompetitif dengan lulusan perguruan tinggi lainnya.

“Pelatihan soft skills ini untuk mempersiapkan lulusan Undip supaya mempunyai rasa percaya diri. Jadi jangan pernah mengatakan saya tidak bisa, saya tidak cerdas. Jangan pernah diri anda bersedia dijadikan korban, dijatuhkan semangat dan rasa percaya dirinya,” papar Direktur Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Hanifa Maher Denny seperti dikutip dari laman Undip, Rabu (24/11/2021).


Baca Juga :  Prakerja Gelombang 22 Dibuka, Cek Syaratnya

Bangun percaya diri mahasiswa

Hanifa Maher berharap setelah pelatihan ini calon wisudawan Undip dapat melatih kepercayaan diri mereka agar semakin memperlancar jenjang karirnya.

Senior Executive Secretary of LPDP Tri Susilo membagikan tips sukses mendapatkan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). LPDP mempunyai 3 program beasiswa, yaitu beasiswa afirmasi, beasiswa targeted dan beasiswa umum. Para mahasiswa bisa mencari tahu diantara tiga program ini yang paling sesuai dengan minat, ketentuan administrasi, dan dari segi usia.

Tri Susilo menambahkan, kunci dari suksesnya mendapatkan beasiswa bukan sekadar mengandalkan keberuntungan tapi dengan persiapan matang dan tekun. “Kita tidak hanya mengandalkan keberuntungan itu saja, tapi kita harus berjuang,” ungkapnya. Kepala Kantor Urusan Internasional Undip Anggun Puspitarini Siswanto menambahkan, calon wisudawan harus mempersiapkan dari awal karier yang akan dijalani selanjutnya.

Baca Juga :  JADWAL SIM KELILING Polda DIY Yogyakarta Hari Ini Senin 16 Agustus 2021

“Kalian harus mempersiapkan, kalian mau jadi apa. Terus persiapkan diri kalian, terus perkaya kemampuan diri kalian kemudian biarkan alam yang selanjutnya memberikan hadiah-hadiah itu kepada kalian,” jelas Dosen Sekolah Vokasi ini.

Calon wisudawan jangan bimbang

Selain itu, para calon wisudawan diharapkan dapat beradaptasi di berbagai tempat dan situasi sehingga dapat menciptakan passion itu sendiri. Sehingga bisa membentuk minat tergantung bagaimana beradaptasi. Wakil Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Nuswantoro Dwiwarno berharap pelatihan ini menjadi referensi bagi calon wisudawan agar tidak bimbang untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Menurutnya pelatihan soft skills ini juga diharapkan menjadi inspirasi bagi calon wisudawan setelah lulus nanti. Dari materi yang disampaikan bisa menginspirasi bahwa selama ini ada kesempatan kalau nanti menjadi wirausaha atau menjadi seorang job seeker. “Atau setidaknya akan melanjutkan pendidikan dengan beberapa alternatif beasiswa yang bisa dimanfaatkan,” tutup Nuswantoro.

Baca Juga :  Nomor Telkomsel Hangus Bisa Diaktifkan dari Ponsel, Ini Caranya

Agar Makin Pede Setelah Lulus, Undip Beri Pelatihan Soft Skill

Sumber: https://www.kompas.com/


Live Streaming