Adab Tata Cara Doa Ziarah Kubur Ramadhan 2023. Baiknya Doa Ziarah Kubur tersebut dibaca dengan tetap mengedepankan adab dan tata cara yang tepat menurut Islam. Adab tersebut menjadi sesuatu yang perlu dijaga dimanapun berada tak terkecuali saat ziarah di pemakaman.

Berikut Doa Ziarah Kubur yang bisa dibaca menyambut Ramadhan 2023 yang akan segera tiba. Doa tersebut bisa dibaca untuk mendoakan orangtua, keluarga, hingga kerabat nanti.

Adab Tata Cara Doa Ziarah Kubur Ramadhan 2023

Dalam Islam, ziarah merupakan sarana agar seorang muslim senantiasa beriman dan mengingat kematian. Hal ini biasanya dilakukan bersama-sama dengan keluarga. Ziarah kubur dilakukan dengan mendoakan orang yang berada dalam kubur, bukan minta doa atau pertolongan.

Doa ziarah kubur tentunya perlu kamu hafalkan sebelum melakukan ziarah. Ziarah kubur biasanya dilakukan menjelang bulan Ramadan, di bulan Ramadan, atau menjelang Idul Fitri. Hal ini menjadi tradisi yang dilakukan banyak orang di Indonesia.

Doa ziarah kubur bertujuan untuk mendoakan orang yang berada dalam kubur agar diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Ziarah kubur sangat dianjurkan dalam Islam, apalagi berziarah ke makam orang tua sendiri. Ziarah kubur termasuk ibadah yang mulia di sisi Allah SWT.

Baca Juga :  Link Nonton Streaming Avatar The Last Airbender Live Action Netflix

Jelang memasuki bulan suci Ramadhan, taman pemakaman umum ramai didatangi penziarah untuk mendoakan keluarga yang telah meninggal. Ini merupakan tradisi masyarakat sebelum memasuki bulan ramadhan. Doa ziarah kubur mungkins udah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Selain itu, doa ziarah kubur ini juga sudah dipejari di jenjang sekolah dasar.

Selain dengan ziarah kubur, kita pun bisa menyambut Ramadhan 2023 dengan saling memaafkan bersama keluarga, kerabat, sahabat, maupun tetangga. Diharapkan kita akan menjalankan puasa nanti dengan tenang dan hati yang bersih.

Tata Cara Ziarah Kubur

Adapun tata caranya adalah sebagai berikut:

1. Mengucapkan salam
2. Membaca istigfar
3. Membaca surat Al-Fatihah (tiga kali)
4. Membaca surat Al Ikhlas (tiga kali)
5. Membaca surat Al Falaq (tiga kali)
6. Membaca surat An Naas (tiga kali)
7. Membaca Ayat Kursi
8. Membaca surah Yasin
9. Membaca tahlil, zikir, dan selawat
10. Membaca Doa Ziarah Kubur

Baca Juga :  Kode Redeem Game Valorant 18 Februari 2024 Terbaru Valid, Simak Tips Cara Main

Adab Tata Cara Doa Ziarah Kubur Ramadhan 2023

Adab Ziarah Kubur

Berikut adab yang bisa diterapkan saat akan melakukan ziarah kubur:

Bacaan Doa Ziarah Kubur

Berikut salah satu doa Doa Ziarah Kubur yang bisa dibaca:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

Latin:

Adab Tata Cara Doa Ziarah Kubur Ramadhan 2023

Allahummaghfìrlahu war hamhu wa ‘aafìhìì wa’fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì’ madholahu, waghsìlhu bìl maa’ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì. Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.

Artinya:

Baca Juga :  Kisi-kisi Tes Kesehatan IPDN 2024, Pahami Sebelum Daftar

“Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya.

Adab Tata Cara Doa Ziarah Kubur Ramadhan 2023

Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/