Ada Fitur Baru Instagram Notes, Kicauan Pendek tapi Bukan Tweet. Melansir laman resmi Meta, Instagram Notes merupakan fitur baru yang berfungsi untuk membagikan pemikiran Anda melalui teks atau emoji. Selama pengujian fitur Instagram Notes, pihak pengembang mengetahui bahwa orang-orang menyukai cara yang ringan dan mudah untuk membagikan hal-hal yang ada di pikiran mereka dan memulai percakapan.

Ada yang baru dari Instagram. Aplikasi yang tergabung dengan perusahaan Meta ini baru saja merilis fitur Instagram Notes, Selasa (13/12/2022). Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk berbagi postingan singkat dengan cangkupan maksimal 60 karakter.


Ada Fitur Baru Instagram Notes, Kicauan Pendek tapi Bukan Tweet.

“Kami mulai meluncurkan Notes, cara baru untuk membagikan pemikiran Anda dan melihat apa yang sedang dilakukan teman Anda. Notes adalah postingan singkat hingga 60 karakter hanya dengan menggunakan teks dan emoji,” jelas Meta, induk perusahaan Instagram, di laman resminya.

“Balasan atas catatan akan tiba sebagai DM (direct message) di kotak masuk Anda,” kata Meta.

Instagram mengumumkan sederet fitur terbaru yang mungkin akan menjadi fokus perusahaan pada 2023, salah satunya adalah fitur kicauan pendek bernama Notes.

Baca Juga :  4 Pilihan Destinasi Wisata yang Aman saat Pandemi

“Untuk membuatnya, buka bagian atas kotak masuk Anda, pilih pengikut yang Anda ikuti kembali atau orang-orang di daftar Teman Dekat Anda, dan catatan Anda akan muncul di bagian atas kotak masuk mereka selama 24 jam,” lanjut perusahaan.

Dengan demikian, kicauan pendek yang dihadirkan Instagram tidak akan sama dengan kicauan yang kita kenal di Twitter. Notes bahkan memiliki karakter yang lebih sedikit dibandingkan dengan Twitter yang kini mengakomodir 280 karakter dalam satu cuitan.

Selain itu, Notes tidak akan muncul di feed, melainkan hanya di kotak masuk pengguna. Notes juga hanya dibagikan kepada pengguna terbatas, yakni pengikut yang Anda ikuti kembali atau orang yang ada di daftar Close Friends.

Ada Fitur Baru Instagram Notes, Kicauan Pendek tapi Bukan Tweet.

Meski formatnya berbeda dari feed real-time Twitter, kasus penggunaan untuk Notes dapat memiliki beberapa kemiripan karena Instagram menggambarkan fitur tersebut sebagai cara bagi pengguna untuk berbagi “apa yang mereka lakukan” atau meminta rekomendasi.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Kelas 3 SD MI Tema 3 Halaman 61, 62, 65, 66, dan 67 Wujud Benda

Twitter sendiri meminta pengguna untuk memasukkan hal serupa dengan pertanyaan “Apa yang terjadi?”

Selain Notes, Instagram juga mengumumkan fitur baru bernam Candid Stories yang tampak seperti platform media sosial BeReal.

Dilansir dari The Verge, fitur ini memungkinkan pengguna membagikan gambar yang berisi jepretan dari kamera depan dan belakang. Fitur Candid Stories akan memberikan pengingat harian untuk menangkap momen yang ada di sekitar pengguna.

Instagram mengonfirmasi sedang menguji fitur ini pada awal tahun. Candid Stories akan diluncurkan pertama kali sebagai uji coba di Afrika Selatan mulai Selasa (20/12).

Lebih lanjut, fitur lain yang akan menjadi fokus Instagram adalah Group Profiles. Group Profiles adalah jenis profil baru di Instagram untuk berbagi kiriman dan cerita dengan teman.

Ada Fitur Baru Instagram Notes, Kicauan Pendek tapi Bukan Tweet.

Konten yang dibagikan ke Profil Grup dibagikan dengan anggota grup, bukan pengikut Anda. Selain itu, kotnten diposting ke Profil Grup, bukan profil Anda sendiri, seperti dikutip dari TechCrunch.

Bagi Anda yang sudah melakukan pembaruan atau update aplikasi Instagram, Anda akan menemukan fitur ini di atas kotak masuk Instagram.

Baca Juga :  KODE REDEEM ML Senin 9 Mei 2022 Terbaru

Sebagian dari Anda mungkin sudah menemukannya, tetapi tak mengetahui fitur tersebut dan bingung menggunakannya.

Cara menggunakan Instagram Notes

Jika Anda bingung bagaimana cara menggunakan fitur baru Instagram Notes ini, Anda berada di tempat yang tepat. Berikut cara menggunakan Instagram Notes:

  • Buka aplikasi Instagram di ponsel Anda.
  • Pergi ke bagian kotak masuk atau direct message (DM) Instagram.
  • Klik “Tambahkan Catatan” pada bagian sudut kiri atas, tepatnya pada gambar foto profil Instagram Anda.
  • Ketik pesan yang ingin Anda bagikan, maksimal 60 karakter.
  • Pilih bagikan dengan “Pengikut” atau “Teman Dekat (Closed Friend)”.
  • Klik “Bagikan”.

Sebagai informasi, pengikut atau Teman Dekat dapat melihat postingan di Instagram Notes selama 24 sebelum otomatis menghilang.

Mereka dapat membalas Notes yang Anda buat dan balasan tersebut akan masuk sebagai DM di kotak masuk Anda.

Ada Fitur Baru Instagram Notes, Kicauan Pendek tapi Bukan Tweet.

Sumber :


Live Streaming