10 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Kulit, buah alpukat ini tergolong buah yang populer di Indonesia, karena mudah ditemui dan dijajakan sebagai jus dan olahan lainnya.

Selain enak disantap dan baik untuk tubuh, ternyata buah alpukat juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit, diantaranya:

Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Kulit

  1. Mencegah Penuaan Dini

Buah alpukat mengandung karotenoid, termasuk lutein dan zeaxhantin, yang dapat mencegah penuaan dini akibat paparan radikal bebas berlebih. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan asam omega-3 yang dapat mencegah keriput dan mencegah kerusakan kolagen pada kulit.

  1. Menghaluskan Kulit

Nutrisi yang terkandung di dalam masker alpukat sangatlah banyak dan salah satunya adalah steroline yang diketahui dapat menghaluskan dan melembapkan kulit wajah.

  1. Meningkatkan Produksi Kolagen
Baca Juga :  Tips Aturan Minum 8 Gelas Sehari Saat Puasa, Mana Yang Lebih Baik?

Kandungan vitamin E dalam buah alpukat juga dapat melembapkan kulit sekaligus meningkatkan produksi kolagen.

  1. Mengurangi Keriput

Studi menunjukkan bahwa kandungan lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam alpukat dapat meningkatkan elastisitas kulit serta mencegah dan mengurangi munculnya keriput

  1. Mencegah Jerawat

Kandungan omega-3, vitamin C, dan antimikroba di dalam buah alpukat dapat mengurangi munculnya jerawat.

  1. Mencegah Kerusakan Akibat Paparan Sinar Matahari

Karotenoid yang terkandung di dalam alpukat juga dapat mencegah kerusakan kulit wajah akibat paparan sinar matahari.

  1. Membantu Mengatasi Kulit Berminyak

Konsumsi buah ini bisa menghidrasi kulit dan mencegah penumpukan residu minyak.

  1. Mengurangi Peradangan Kulit

Selain itu, terdapat kandungan antiperadangan yang mampu membantu meredakan kemerahan di kulit serta peradangan yang berhubungan dengan jerawat.

  1. Membantu Penyembuhan Luka
Baca Juga :  Jawaban Apakah Boleh Minum Kopi Ketika Sahur?

Berdasar penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, minyak alpukat dapat membantu mengobati luka. Keberadaan asam lemak esensial dan asam oleik di dalam alpukat bisa membantu mengatasi luka. Kedua kandungan asam tersebut bisa mendorong sintesis kolagen serta mengurangi parahnya luka. Asam lemak juga mampu mengurangi peradangan selama proses penyembuhan.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Alpukat memenuhi 17 persen kebutuhan vitamin C dan E tubuh setiap hari. Kedua vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dan melindunginya dari aktivitas radikal bebas. Antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dimilikinya juga memiliki khasiat serupa.

10 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Kulit

(alodokter.com, merdeka.com, foto ilustrasi: Laker from Pexels)

Baca Juga :  Viral, Apa Benar Makanan Pedas Jadi Penyebab Kista? Ciri-ciri Kista Ovarium, Termasuk Kembung dan Sering Buang Air