Belajar Sejarah Melalui Film Terbaik Bertema Sejarah. Dari sekian banyak genre film, historical fiction atau film bertema sejarah cocok dijadikan rekomendasi menghabiskan waktu akhir pekan.

Belajar Sejarah Melalui Film Terbaik Bertema Sejarah

Melansir dari Mybest, secara garis besar, film sejarah merupakan film fiksi yang menampilkan peristiwa masa lalu atau berlatar suatu periode sejarah. Selain itu, film sejarah juga bisa bercerita tentang tokoh sejarah tertentu.

Ada banyak film sejarah yang dirilis dengan berbagai genre, seperti film tentang perang sampai film sejarah dunia. Berikut rekomendasi film terbaik bertema sejarah yang dapat kamu tonton sebagai media belajar sejarah.

1. Sang Kiai

Film ini mengambil latar tahun 1942 ketika masa pendudukan Jepang. Pada masa ini, rakyat tidak diperbolehkan untuk mengibarkan bendera merah putih dan melantunkan lagu Indonesia Raya. Tidak hanya itu, rakyat pun dipaksa untuk melakukan Sekerei, yakni penghormatan kepada dewa matahari.

Baca Juga :  Link Nonton Resmi Shaman King Flowers Episode 10 Subtitle Indonesia di Bstation Beserta Sinopsis Lengkap

Hal inilah yang memantik tokoh agama saat itu KH Hasyim Asyari untuk bertindak. Ia menolak melakukan Sekerei karena bertentangan dengan akidah Islam. Umat Islam seharusnya hanya menyembah Allah SWT. Menampilkan perlawanan yang begitu sengit, film ini cocok untuk Anda yang menyukai film sejarah bertema Islam.

2. Sultan Agung: Takhta, Perjuangan, Cinta

Bagi Anda pencinta film kolosal, film Sultan Agung: Takhta, Perjuangan, Cinta bisa menjadi pilihan. Film sejarah Indonesia ini bercerita mengenai kehidupan Sultan Agung Hanyakrakusuma yang berhasil membawa Kasultanan Mataram Islam pada puncak kejayaan.

Termasuk dalam subgenre epik, film ini menyajikan kemegahan dan visual yang cukup apik. Jika rindu dengan film-film kolosal tahun 70-an hingga 90-an, film ini akan membawa Anda ke masa-masa itu.

3. Troy

Troy merupakan film yang berkisah tentang Perang Troya dalam kisah Homer karya Illiad dan beberapa mitologi lain. Namun, alur kisahnya berbeda dengan Homer. Dibintangi aktor kenamaan, seperti Brad Pitt, Orlando Bloom, dan lainnya, Anda akan dibawa ke masa Yunani Kuno.

Baca Juga :  Link Nonton Resmi Shaman King Flowers Episode 10 Subtitle Indonesia di Bstation Beserta Sinopsis Lengkap

Karena masuk subgenre epik, tak heran jika film ini menggunakan kostum yang memukau. Selain itu, kemegahan ciri khas film kolosal juga sangat ditonjolkan. Bagi para penggemar mitologi Yunani, terutama Homer, film ini sangat patut untuk ditonton.

4. Kartini

Anda mencari tontonan yang membahas kesetaraan gender? Kartini adalah salah satu film sejarah Indonesia terbaik. Secara garis besar, film ini mengisahkan sosok Kartini, salah satu pahlawan wanita Indonesia. Sepanjang hidupnya, ia berjuang untuk kesetaraan hak bagi semua orang, khususnya perempuan.

Dengan begitu, film ini sangat cocok untuk Anda yang tertarik dengan isu kesetaraan gender. Anda dapat belajar tentang pemikiran dan juga kegigihan Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan hak bagi semua orang.

Baca Juga :  Link Nonton Resmi Shaman King Flowers Episode 10 Subtitle Indonesia di Bstation Beserta Sinopsis Lengkap

5. Bridge of Spies

Bridge of Spies merupakan film biopik yang mengangkat kehidupan pengacara James B. Donovan. Ia dipercaya untuk bernegosiasi dengan Uni Soviet untuk membebaskan seorang pilot AU Amerika Serikat.

Sang pilot, Francis Gary Powers, ditawan oleh Uni Soviet setelah pesawatnya ditembak pada 1960. Gantinya, seorang mata-mata Uni Soviet, Rudolf Abel akan dikembalikan. Apabila Anda menyukai film berlatar hukum, Bridge of Spies sangat layak ditonton.

Belajar Sejarah Melalui Film Terbaik Bertema Sejarah

Sumber: Mybest