Modul Khusus Pembelajaran Astronomi untuk Siswa Tunanetra. Media pembelajaran tersebut diantaranya adalah miniatur berbentuk jenis-jenis objek tata surya, hingga jenis awan, hingga tornado yang dicetak dengan menggunakan printer tiga dimensi dengan bahan dasar poli laktida (PLA) atau sejenis bahan plastik.

Tim dosen Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAP) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Achmad Zainur Rozzykin mengatakan, pihaknya membuat modul khusus pembelajaran astronomi yang dicetak dengan menggunakan huruf braille yang memudahkan siswa tunanetra membaca. Dia melanjutkan, kegiatan pembuatan media pembelajaran dan modul astronomi khusus bagi siswa tunanetra tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman siswa tunanetra terhadap pelajaran sains.

Baca Juga :  Info Bansos 2024 Dipastikan Cair Selama Bulan Ramadhan 2024, Alhamdulillah KPM Makin Dapat Berkah

Modul Khusus Pembelajaran Astronomi untuk Siswa Tunanetra

Kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dosen dan mahasiswa Prodi SAP ITERA. “Kegiatan pembuatan media pembelajaran dan modul astronomi khusus bagi siswa tunanetra tersebut merupakan upaya meningkatkan kompetensi dan pemahaman siswa tunanetra terhadap pelajaran sains,” katanya melansir laman resmi ITERA, Selasa (30/11/2021).

Sebagai target dari luaran program PKM tersebut, tim dosen dan mahasiswa ITERA menyumbangkan media pembelajaran tersebut kepada SLB-A Bina Insani, Bandar Lampung. Di sekolah tersebut, para siswa tunanetra didampingi para guru secara langsung memanfaatkan media belajar tersebut.

Kepala SLB-A Bina Insani, Ance Setia Handayani, menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh tim dosen ITERA tersebut. Didampingi salah satu guru sains, Riska Tri Rahayu, Ance secara langsung melihat antusias siswa untuk belajar dengan menggunakan media pembelajaran karya dosen dan mahasiswa ITERA.

Baca Juga :  Cek Bansos BPNT Februari-Maret 2024 Rp 400.000 Melalui Kartu KKS BNI

Salah satu dosen ITERA Lesi Mareta yang secara langsung mengajarkan siswa mengatakan, para siswa tunanetra sangat antusias dengan pelajaran tersebut. Dengan bantuan alat peraga ini didapatkan bahwa pemahaman siswa meningkat. Hal tersebut diukur dari nilai mayoritas siswa yang meningkat.

Modul Khusus Pembelajaran Astronomi untuk Siswa Tunanetra

//sumber: https://edukasi.okezone.com/read/2021/11/30/624/2509461/siswa-tunanetra-kini-bisa-mempelajari-astronomi-dengan-metode-khusus

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal UTBK-SNBT 2024 Download PDF Latihan Soal UTBK-SNBT 2024