Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 5 Halaman 139 Subtema 3 tentang Keseimbangan Ekosistem. Pada Tema 5 ini siswa kelas 5 akan belajar Subtema 3 yang berjudul Keseimbangan Ekosistem, menjelaskan informasi tentang keseimbangan ekosistem dalam tulisan nonfiksi. Berikut ini kunci jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Tema 5 tentang Ekosistem.

Ulasan materi soal dan jawaban di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa. Berikut ini kunci jawaban Tema 5 Kelas 5 Subtema 3 Halaman 139.

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 5 Halaman 139 Subtema 3 tentang Keseimbangan Ekosistem

Ayo Membaca (Halaman 139)

Dari bacaan tersebut, tentukanlah pikiran utama pada setiap paragraf. Lalu carilah informasi penting dari setiap paragraf tersebut. Tuliskanlah semua itu di dalam tabel di bawah ini.

Baca Juga :  KODE REDEEM PUBG 25 Maret 2024 Terbaru

Paragraf 1

Pikiran utama yaitu Banyak kegiatan manusia justru mengganggu keseimbangan ekosistem, yang bersifat permanen, sehingga beberapa komponen ekosistem tidak mampu bertahan

Informasi penting yaitu kegiatan para nelayan menggunakan racun dan bom yang hanya berpikir untuk mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan upaya pelestarian ekosistem bawah laut.

Paragraf 2

Pikiran utama yaitu Ada beberapa industri seperti industri tekstil yang membuang limbah beracun ke beberapa ekosistem.

Informasi penting yaitu akibatnya tercemarnya air, dan berkurangnya sumber air bersih. Jika kegiatan ini dilakukan secara terus-menerus, manusia juga yang akan menuai akibatnya.

Paragraf 3

Pikiran utama yaitu manusia seharusnya mengusahakan beberapa cara untuk memulihkan keseimbangan ekosistem.

Informasi penting yaitu mengurangi penebangan hutan secara sembarangan, mengurangi penggunaan bahan kimia buatan dalam kegiatan pertanian, menangkap ikan dengan alat dan cara yang tidak merusak ekosistem, membuat suaka margasatwa, cagar alam, hutan lindung, menanam pohon sebanyak-banyaknya dan membuat lebih banyak taman terbuka untuk serapan air.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal UTBK-SNBT 2024 Download PDF Latihan Soal UTBK-SNBT 2024

Berdasarkan tabel di atas, buatlah kesimpulanmu dalam tulisan satu paragraf. Gunakan kosakata baru dari bacaan dan bahasamu sendiri, dan tuliskan kesimpulanmu dengan rapi di tempat yang telah tersedia.

Kesimpulanku

Banyak kegiatan manusia justru mengganggu keseimbangan ekosistem, yang bersifat permanen, sehingga beberapa komponen ekosistem tidak mampu bertahan yaitu kegiatan para nelayan menggunakan racun dan bom yang hanya berpikir untuk mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan upaya pelestarian ekosistem bawah laut. Ada beberapa industri seperti industri tekstil yang membuang limbah beracun ke beberapa ekosistem air tawar, seperti danau, sungai, atau kolam-kolam. Belum lagi kebiasaan manusia membuang sampah rumah tangga ke sungai-sungai yang berakibat tercemarnya air, dan berkurangnya sumber air bersih. Manusia seharusnya mengusahakan beberapa cara untuk memulihkan keseimbangan ekosistem.

Baca Juga :  Kode Redeem Clash of Clans (COC) 25 Maret 2024 Terbaru Valid

Kunci Jawaban Kelas 5 SD MI Tema 5 Halaman 139 Subtema 3 tentang Keseimbangan Ekosistem

*) Disclaimer : Pembahasan soal dan jawaban dalam artikel ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam mendampingi putra-putrinya belajar.