KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 6 Buku Tematik Halaman 71, 72, 73, 74, dan 75, Membangun Masyarakat Sejahtera. Buku Tematik Tema 6 untuk kelas 6 SD/MI ini, mengangkat judul mengenai Membangun Masyarakat Sejahtera.

Selain itu, kamu juga akan memahami bagaimana membuka peluang besar dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Berikut kunci jawaban buku tematik kelas 6 tema 6: Subtema 2, halaman 71, 72, 73, 74, dan 75.

KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 6 Buku Tematik Halaman 71, 72, 73, 74, dan 75, Membangun Masyarakat Sejahtera

Materi buku kelas 6 tema 6 berjudul ‘ Masyarakat Peduli Lingkungan’ ini terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Berikut kunci jawaban dan pembahasan materi pembelajaran 5 mengenai Kepedulian Lingkungan.

Kunci Jawaban Halaman 71-72

Ayo Berlatih

Ingatkah kamu yang dimaksud masa pubertas? Tuliskan pengertianmu mengenai masa pubertas pada kolom berikut.

Jawaban :

Pubertas adalah tahap perkembangan dimana pada masa ini terjadi perkembangan organ reproduksi.

Ciri pubertas pada laki-laki adalah :

– Tumbuhnya rambut halus pada ketiak dan alat kelamin

– Tumbuh jakun

– Tumbuh kumis, jambang, dan janggut

– Suara membesar

Ciri pubertas perempuan adalah :

– Payudara membesar

– Pinggul membesar

– Tumbuhnya rambut halus pada ketiak dan alat kelamin

– Suara melengking

Ayo Berkreasi

Carilah bacaan berisi ciri-ciri masa pubertas. Bacaan dapat kamu peroleh dari majalah maupun internet. Mintalah bantuan dan didampingi orang tua atau orang dewasa saat mencari bacaan melalui internet. Setelah memperoleh bacaan, tempelkan pada kolom berikut.

Bagaimana Cara Menjelaskan Masa Puber Pada Anak?

Sebagian besar orangtua mungkin sama, hampir selalu menganggap anaknya masih kecil sehingga mereka menganggap bahwa membicarakan masa pubertas, perubahan tubuh, serta seks adalah hal yang tabu dan terlalu dini untuk dimengerti anak. Padahal, pembicaraan terkait pubertas dibutuhkan si anak agar mereka tidak merasa ketakutan, bingung, atau tertekan ketika mengalami hal tersebut.

Baca Juga :  Update Link Mirror Pengumuman Hasil SNBP 2024 dan Cara Cek Hasilnya

Atau mungkin anda menunggu kapan anak akan bertanya sendiri tentang perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Tapi, pada banyak kasus, hal ini jarang terjadi. Anak-anak akan merasa sungkan untuk bertanya terkait perubahan pada dirinya yang mereka rasakan ketika pubertas. Apalagi, anak-anak juga tidak tahu apakah hal tersebut boleh ditanyakan apa tidak karena omongan tentang pubertas tergolong sensitif.

Lalu apa yang harus anda lakukan untuk mempersiapkan anak memasuki masa pubertas? Bagaimana cara orangtua untuk memberitahu apa saja yang akan terjadi ketika anak mengalami pubertas dan apa dampaknya?

Kapan anda harus mulai membicarakan masa pubertas dengan anak?

Sebelumya, anda harus mengetahui masa pubertas yang normal yang terjadi pada anak perempuan dan laki-laki. Sebagian besar anak perempuan memulai masa pubertasnya ketika mereka berusia 8 hingga 13 tahun. Tetapi hal ini sangat bervariasi, tergantung dengan kondisi masing-masing anak, bisa saja mereka mengalami pubertas sebelum berusia 18 tahun atau bahkan setelah 13 tahun.

Sedangkan pada anak laki-laki, pubertas akan dialami saat mereka memasuki usia 10-16 tahun, lebih lambat dibandingkan dengan anak perempuan. Pada usia tersebut, anak-anak biasanya mulai mengalami perubahan-perubahan bentuk atau fungsi tubuh.

Karena itu, lebih baik jika anda sudah mulai membicarakan hal ini kepada anak anda sebelum ia benar-benar mengalami perubahan, sehingga mereka memiliki pengetahuan tentang apa itu masa pubertas dan apa saja yang akan terjadi saat itu

Bagaimana cara menjelaskan masa pubertas pada anak?

Beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika mencoba menjelaskan tentang masa pubertas yang akan si anak alami yaitu :

Pertama :

Jelaskan bahwa masa pubertas adalah masa yang akan terjadi pada semua anak. pada awalnya mungkin anak anda akan merasa bingung, malu, dan tidak ingin mendengar perkataan anda, tetapi hal ini memang normal terjadi. Apabila jika anak anda mengalami pubertas lebih dahulu atau malah belakangan dibandingkan teman-temannya. Oleh karena itu, jelaskan juga bahwa masa pubertas akan datang di waktu yang berbeda-beda pada setiap anak. Kemudian, beritahu mereka bahwa masa pubertas adalah tahapan awal seseorang untuk menjadi dewasa.

Baca Juga :  Cek Jam Masuk ASN di Ramadhan 2024, Link Download PDF Jam Kerja PNS Sesuai Perpres No 21 Tahun 2023

Kedua :

Memberitahukan anak anda bahwa pada masa tersebut akan terjadi berbagai perubahan fungsi tubuh yang berbeda-beda antara anak laki-laki dan perempuan. Apabila anda memiliki alat peraga atau buku tentang pubertas, maka akan lebih mudah untuk menjelaskan masa pubertas ke anak. Jelaskan berbagai perubahan yang akan terjadi pada anak anda, seperti:

– Anak laki-laki :

Rambut-rambut halus mulai tumbuh di sekitar alat kelamin dan ketiak
Memiliki jerawat pada wajah
Testis dan penis mulai membesar
Suara menjadi pecah dan berubah
Mengalami mimpi basah (ejakulasi yang tidak disadari ketika tidur)
Mulai tumbuh jakun di leher
Mulai muncul secara samar kumis, jambang dan janggut

– Anak perempuan :

Payudara mulai tumbuh
Rambut-rambut halus mulai tumbuh di sektiar alat kelamin dan ketiak
Memiliki jerawat pada wajah
Mengalami haid/menstruasi
Pinggul membesar / perubahan bentuk tubuh
Suara menjadi lebih melengking

Pada anak perempuan, anda dapat menjelaskan proses haid atau menstruasi dengan menggunakan gambar. Beritahu dia tentang apa yang akan terjadi pada saat haid terjadi, seperti mengeluarkan sehingga mereka harus menggunakan pembalut, serta memberitahukan bahwa hal ini akan terjadi setiap bulan, jangan lupa juga untuk memberitahukan bagaimana cara menggunakan pembalut pada anak perempuan anda.

Sedangkan pada anak laki-laki jelaskan dengan perlahan tentanga alat kelamin mereka yang akan mengalami perubahan, mengalami ereksi tiba-tiba, dan berbagai perubahan lainnya. Lebih baik, jika ayah yang menjelaskan hal ini kepada anak laki-lakinya, sementara ibu yang berdiskusi dengan anak perempuan

Ketiga :

Persiapkan diri untuk menghadapi perubahan emosi pada anak anda. Masa pubertas juga akan membuat si anak mempunyai emosi yang tidak stabil. Jika anda bisa memahami hal ini, maka anda akan lebih mudah untuk menghadapi serta berkomunikasi dengan mereka. Jelaskan juga ke anak bahwa perubahan fisik akan diiringi dengan perubahan emosi mereka.

Baca Juga :  Kode Redeem Clash of Clans (COC) 25 Maret 2024 Terbaru Valid

Keempat :

Tetap terbuka dan bersedia untuk membahas tentang pubertas dengan anak anada, bahkan setelah anda selesai berdiskusi dengannya. Anak-anak sering kali malu untuk bertanya tentang hal ini saat anda sedang berbicara. Berikan dorongan pada anak anda untuk bertanya lebih lanjut terkait pubertas, berikan ia pengertian bahwa anda bisa ditanyakan kapan saja tentang hal ini. Jaga komunikasi dan keterbukaan anda dengan si anak.

sumber : hello sehat

Kunci Jawaban Halaman 73-75

Ayo berlatih

Kamu telah mencari bacaan tentang ciri-ciri masa pubertas. Jawablah pertanyaan mengenai bacaan yang sudah kamu peroleh!

1. Apa judul bacaan yang kamu peroleh?

Jawaban :

Jawaban berbeda-beda tergantung pada apa bacaan yang dibaca siswa.

Bagaimana cara menjelaskan masa puber pada anak

2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul bacaan dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca bacaan?

Jawaban :

Informasi yang diperoleh sudah sesuai dengan harapan siswa.

3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca bacaan?

Jawaban :

Setelah membaca buku, siswa mendapatkan informasi tentang ciri-ciri pubertas dan cara orangtua dalam menjelaskan pubertas kepada anak-anak mereka.

*) Disclaimer: Kunci jawaban tersebut hanya sebagai panduan untuk orangtua mengoreksi jawaban anak.

KUNCI JAWABAN Kelas 6 SD Tema 6 Buku Tematik Halaman 71, 72, 73, 74, dan 75, Membangun Masyarakat Sejahtera

tribunnews.com