Cara yang Tepat Membekukan Daging, Agar Tak Terjadi Freezer Burn. Salah satu metode untuk mengawetkan makanan adalah dengan cara membekukannya di dalam freezer dengan temperatur yang sudah ditentukan.

Dalam suhu dingin seperti bakteri, parasit, dan kuman tak akan bisa bertahan hidup dan tak akan merusak makanan.

Cara yang Tepat Membekukan Daging, Agar Tak Terjadi Freezer Burn

Namun sayangnya, metode membekukan makanan ini bisa mengakibatkan freezer burn, yaitu perubahan tekstur makanan menjadi kering dan tak lagi segar.

Hal ini bisa terjadi ketika makanan mengalami dehidrasi dan oksidasi akibat udara yang mengenai makanan karena makanan dibekukan tidak dengan cara yang tepat.

Freezer burn seringnya terjadi pada makanan segar, seperti sayur, buah dan daging-dagingan.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Valorant 25 Maret 2024 Terbaru Valid, Simak Tips Cara Main

Cara membekukan daging segar

Melansir dari Pop Science, freezer burn adalah kerusakan bahan makanan yang terjadi karena proses sublimasi dari es menjadi uap air.

Ketika makanan kehilangan kandungan airnya, maka makanan bisa berubah tekstur dan warnanya. Daging bisa berubah warna menjadi pink pucat, dengan tekstur yang kering ketika diolah menjadi sajian.

Karena daging kehilangan cairan, maka kaldu daging pun akan berkurang sangat banyak. Imbasnya ada pada citarasa daging yang tak lagi bisa gurih menggoda.

Jadi ketika akan mengawetkan daging dengan memasukkannya ke dalam freezer, ketahui dulu tips membekukan daging yang benar dan tepat.

Agar tak terjadi proses sublimasi, Anda harus meletakkan daging di wadah yang rapat dan kedap udara.

Baca Juga :  KODE REDEEM GENSHIN IMPACT 25 Maret 2024 Terbaru

Wadah ini akan memerangkap cairan dan kelembaban daging, sehingga cairan tak menguap karena suhu dingin dan kering di dalam freezer.

Namun wadah atau kontainer plastik pun, masih banyak yang berpori sehingga tetap bisa melepaskan cairan daging keluar dan membuat daging menjadi sangat kering.

Agar kelembaban daging aman, bungkus daging dalam plastik kedap udara atau plastik ziplock.

Supaya cairan daging lebih aman lagi, bungkus dahulu daging dengan aluminium foil, baru kemudian masukkan ke dalam plastik vacuum yang kedap udara.

Dengan membungkus daging seperti ini, Anda bisa menyimpan daging selama berbulan-bulan tanpa khawatir daging berubah warna, tekstur, dan rasa.

Bahkan menurut National Center for Home Food Preservation milik Kementerian Pertanian Amerika Serikat, membungkus daging dengan cara seperti ini sebelum membekukannya, bisa membuat daging awet hingga bertahun-tahun lamanya.

Baca Juga :  Update Link Mirror Pengumuman Hasil SNBP 2024 dan Cara Cek Hasilnya

Cara yang Tepat Membekukan Daging, Agar Tak Terjadi Freezer Burn

Sumber : https://www.kompas.com/