KUNCI JAWABAN IPS Kelas 8 SMP, Kedatangan Bangsa Vedda ke Indonesia. Khususnya yang akan dibahas adalah tentang Kedatangan Bangsa Vedda ke Indonesia. Halo adik-adik semua, kali ini kita akan bahas mengenai latihan soal IPS kelas 8 SMP.

Sebagaimana dilansir dari Buku Paket Elektronik IPS kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum 2013 revisi 2017.

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 8 SMP, Kedatangan Bangsa Vedda ke Indonesia

Menurut pendapat para ahli sejarah, ras-ras yang menghuni Indonesia dapat dibagi ke dalam beberapa kelompok besar, salah satunya adalah bangsa Vedda.

Ahli yang berpendapat bahwa masyarakat asli indonesia yaitu bangsa Vedda yang mempunyai memiliki tubuh kecil dan kulit gelap adalah Paul dan Fritz Sarasin atau Sarasin bersaudara.

Bangsa ini diperkirakan sebagai imigran pertama yang datang ke pulau-pulau berpenghuni di nusantara. Sementara suku bangsa yang dianggap telah ada sebelum kedatangan bangsa Vedda adalah suku Kubu, Lubu, dan Talang Mamak di Sumatera dan suku Toala di Sulawesi.

Baca Juga :  KODE REDEEM Mobile Legends 25 Maret 2024 Terbaru

1. Suku bangsa mana yang dianggap telah ada sebelum kedatangan bangsa Vedda?

Pembahasan:

Suku bangsa yang dianggap telah ada sebelum kedatangan bangsa Vedda adalah suku Kubu dan Toala.

2. Bagaimana proses kedatangan bangsa Vedda ke Indonesia?

Pembahasan:

Bangsa Vedda merupakan penduduk asli Asia Tenggara yang melakukan perjalanan melalui jalur darat ke kepulauan Indonesia.

Hal tersebut disebabkan karena sebelum zaman glasial kepulauan Indonesia masih menyatu dengan Asia.

Kemudian, setelah berakhirnya zaman es hingga naiknya permukaan laut menyebabkan dataran rendah di sekitar kepulauan nusantara berubah menjadi Laut dangkal dan hal ini yang menyebabkan terpisahnya kepulauan nusantara dari Asia.

Dalam perkembangan lebih lanjut bangsa Vedda akhirnya berpindah ke daerah pedalaman dan tinggal di sana dalam jangka waktu panjang.

Diperkirakan orang Vedda kemudian menyebar sampai ke beberapa wilayah di nusantara, yaitu: Pulau Papua, Flores Barat, Seram, Timor Barat hingga sampai ke kepulauan Melanesia.

Baca Juga :  Efek Ginjal Ketika Kita Berpuasa 13 Jam Sehari

Kedatangan bangsa Vedda ke Indonesia Sebelum kedatangan bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu, Kepulauan Indonesia terlebih dahulu dimasuki oleh bangsa Weddid atau suku Vedda.

Suku bangsa ini berasal dari Ceylon, Sri Lanka, yang kemudian tinggal di Asia Tenggara. Setelah itu, bangsa Vedda mengembara ke wilayah Indonesia secara bergelombang selama berabad-berabad.

Mereka kemudian menyebar ke timur dan mendiami wilayah Papua, Sulawesi Selatan, Seram, Timor Barat, Flores Barat, dan terus ke timur.

Walaupun umumnya ke timur, sebagian ada juga yang menyebar ke arah barat dan menghuni Pulau Sumatera. Orang-orang Veda di Sumatera mengembangkan kebudayaan batu, seperti kapak genggam, dan suka memakan kerang-kerangan.

Pada awalnya, ras Vedda dan Melanesia hidup berdampingan dalam budaya Mesolitik, kemudian datanglah pendatang baru membawa budaya Neolitik.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Lords Mobile 25 Maret 2024 Terbaru Valid

Keturunan bangsa Vedda Di luar Kepulauan Indonesia, suku bangsa yang merupakan keturunan Vedda adalah Suku Hieng di Kamboja, Miao-yse dan Yao-Jen di China, serta Senoi di Semenanjung Malaya.

Sementara persebaran bangsa Vedda di Indonesia cukup luas, misalnya di Palembang dan Jambi (Kubu), Siak, dan Sulawesi tenggara (Toala, Tokea dan Tomuna).

Demikian ulasan artikel tentang pembahasan kedatangan bangsa Vedda ke Indonesia.

KUNCI JAWABAN IPS Kelas 8 SMP, Kedatangan Bangsa Vedda ke Indonesia