Ramai Protes Gelar Juara Verstappen Gelar juara Formula 1 (F1) 2021 milik pembalap Red Bull Honda Max Verstappen jadi kontroversi dan menuai banyak protes.
Verstappen juara F1 2021 setelah melakoni persaingan sengit melawan juara bertahan Lewis Hamilton di F1 GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Minggu (12/12).

Capaian itu jadi gelar juara pertama bagi Verstappen sejak kali pertama tampil di F1 pada musim 2014. Akan tetapi, setelah torehan apik itu, Verstappen menghadapi berbagai protes.

Mercedes, tim Hamilton jadi pihak pertama yang komplain soal gelar juara itu. Tim asal Jerman itu protes lantaran Direktur Balap FIA Michael Masi hanya mengizinkan beberapa mobil yang diizinkan menyalip sebelum balapan dimulai saat menyisakan satu putaran.

Akan tetapi, protes Mercedes itu ditolak FIA yang membuat keputusan itu membuat Verstappen resmi sebagai juara dunia F1 2021.

Selain Mercedes, pembalap Williams George Russell juga komplain dengan hasil F1 GP Abu Dhabi tersebut. Dalam cuitannya di Twitter, Russell yang musim depan jadi pembalap Mercedes dengan tegas tidak terima Verstappen sebagai juara dunia.

“Max adalah pembalap yang benar-benar fantastis, yang memiliki musim luar biasa dan saya sangat menghormatinya, tetapi apa yang baru saja terjadi benar-benar tidak bisa diterima,” kata Russell dikutip dari Reuters.

“Saya tidak percaya apa yang baru saja kita lihat,” ucap pembalap Inggris itu menambahkan.

Mantan juara Formula 1 Damon Hill juga mengkritik keputusan tersebut.

“Ini adalah cara baru dalam menjalankan olahraga di mana direktur balapan bisa membuat keputusan ad hoc ini,” ujar Hill.

Selain pihak yang terlibat di dunia F1, striker Tottenham Hotspur Harry Kane juga bereaksi soal kegagalan Lewis Hamilton juara dunia pada musim ini.

“Saya bukan ahli dalam hal itu, tetapi saya merasa ada beberapa aturan aneh yang memberikan keuntungan yang tidak adil seperti hari ini? Mengapa Hamilton harus dihukum karena kecelakaan orang lain?” kata Kane.

“Dia benar-benar membalap dengan sempurna di bawah tekanan tertinggi dan merebut gelar juara dunia dari dia. Sayang sekali harus berakhir seperti itu,” ucap Kane melanjutkan.

Ramai Protes Gelar Juara Verstappen

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/