7 Kunci Sukses Agar Tak Salah Pilih Jurusan Kuliah. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah membuka dua jalur seleksi untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yakni lewat SMNPTN 2021 dan UTBK- SBMPTN 2021. Jalur SMNPTN 2021 dipilih berdasarkan prestasi akademik yang digapai oleh siswa lulusan SMA, SMK, hingga MA. Sedangkan UTBK-SBMPTN 2021, lewat jalur tes.

7 Kunci Sukses Agar Tak Salah Pilih Jurusan Kuliah

Lewat kedua jalur ini, kamu bisa memilih PTN atau kampus yang diinginkan. Namun sebelum menentukan kampus, kamu harus menentukan jurusan kuliah yang diminati. Jadi jangan sampai salah memilih jurusan kuliah. Melansir laman instagram Ditjen Dikti, Selasa (12/1/2021) ada 7 kunci sukses agar tidak salah pilih jurusan kuliah. Simak baik-baik, yuk!



  1. Ketahui minat dan hobi

Saat memilih jurusan kuliah, kamu harus mengetahui minat dan hobi yang dimiliki. Ketika itu terjadi, maka akan membantu dirimu menikmati pendidikan di bangku kuliah.

  1. Ketahui potensi diri

Selain minat yang harus dipahami, kamu juga harus mengetahui potensi diri yang dimiliki saat memilih jurusan kuliah. Bila paham akan potensi diri yang dimiliki, maka kamu akan lebih optimal, serta mampu kuliah dengan cepat.

  1. Pertimbangkan peluang karir

Sebelum memilih jurusan kuliah, kamu juga harus pertimbangkan peluang karir yang didapatkan saat lulus kuliah. Apabila jurusan kuliah yang dipilih memiliki peluang karir yang menjanjikan di masa mendatang, maka kamu harus memilihnya dengan cepat dan tanpa ragu.

  1. Konsultasi dengan para ahli

Kamu memilih jurusan kuliah juga bisa mengkonsultasikannya dengan para ahli. Yakni, guru Bimbingan Konseling (BK), orangtua, mahasiswa di jurusan terkait, lembaga psikolog, atau lembaga bimbingan karir.



  1. Minta pendapat dari orang terdekat

Dengan minta pendapat dari orang lain, maka terlihat potensi yang kamu miliki dari orang lain. Ketika tahu potensi yang dimiliki, maka membuat dirimu lebih mudah dalam menentukan jurusan kuliah.

  1. Sesuaikan dengan kemampuan finansial

Setiap jurusan kuliah memang membutuhkan pengeluaran dana yang berbeda-beda. Untuk itu, sebelum memilih jurusan kuliah, kamu harus perhitungkan dana pribadi yang dimiliki.

  1. Lakukan personality test

Memang tidak sepenuhya akurat, tetapi personality test bisa membantu dirimu menganalisis minat, nilai-nilai, karakter, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki. Dengan begitu, kamu lebih mudah menentukan jurusan kuliah. Memang banyak jurusan kuliah dan kampus yang begitu menggoda untuk diambil.

Pahamilah 7 tips di atas, agar kamu tidak salah pilih jurusan kuliah. Jangan sampai salah memilih jurusan kuliah, agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.


Read previous post:
Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Gula
Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Close