6 Prodi Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Tinggi. Masih banyak orang beranggapan bahwa pilih jurusan atau program studi (prodi) ramai peminat bakal mudah mendapatkan pekerjaan. Meski anggapan itu juga benar, namun ada pula jurusan sepi peminat yang justru dibutuhkan lapangan kerja. Apa saja itu? Simak informasinya di bawah ini.

6 Prodi Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Tinggi



  1. Pengobatan Tradisional

Jurusan paling banyak adalah apoteker. Tapi, ada pula profesi lain yang fokus pada dunia kesehatan atau pengobatan, yakni pengobatan tradisional. Jurusan ini unik karena kamu bakal mempelajari berbagai metode pengobatan tradisional yang menggunakan bahan-bahan dari alam. Dan tentunya ini harus kamu olah sendiri.

Untuk pembelajarannya, jurusan ini cenderung mengarah ke studi kedokteran timur atau dikenal dengan istilah Traditional Chinese Medicine (TCM). Nantinya, kamu akan belajar meracik obat-obat herbal dengan tanaman asli Indonesia. Kamu juga belajar menggunakan jarum akupuntur beserta teori-teorinya. Atau belajar teknik memijat serta dapat ilmu tentang gizi.

  1. Pendidikan Luar Biasa

Untuk jurusan yang satu ini tentu berbeda dengan jurusan dari fakultas ilmu pendidikan lain. Sebab, jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) lebih spesifik bagi para mahasiswa ingin jadi tenaga pengajar anak berkebutuhan khusus (ABK). Nantinya, mahasiswa akan diajari merancang proses pembelajaran dan cara berkomunikasi sesuai dengan keperluan siswa tersebut.

Ketika lulus, kamu akan punya peluang kerja yang besar. Sebab, isu disabilitas mendapat banyak perhatian dari pemerintah maupun masyarakat. Tak heran jika banyak sekolah inklusi yang membutuhkan guru lulusan PLB. Untuk gaji tentu akan lebih besar dibanding pendidik pada umumnya.

  1. Oseanografi

Ini adalah ilmu yang mempelajari fenomena laut. Kemudian ilmu tersebut bisa diaplikasikan ke bidang rekayasa lingkungan, bencana laut, perikanan dan mitigasi bencana. Jika kamu pilih jurusan ini, maka akan mempelajari banyak hal. Seperti kalkulus, kimia, matematika, komputasi oseanografi, geografi dasar, hidro dinamika dan sebagainya.



Karena jumlah lulusan tak banyak, maka peluangnya pasti lebih besar untuk diterima kerja. Jadi, gaji yang didapatkan pasti juga besar.

  1. Sosiologi

Ilmu ini mempelajari interaksi antara satu orang dengan orang lain dan pengaruhnya pada terbentuk struktur sosial masyarakat. Untuk cakupan studinya bisa dikerucutkan menjadi sub prodi Seperti sosiologi industri, lingkungan, pembangunan, ekonomi, gender dan lain-lain. Sedangkan prospek kariernya ialah jadi seorang market research atau copy writer dengan gaji yang lumayan besar.

  1. Sendratasik

Ini adalah prodi Seni Drama, Tari dan Musik (Sendratasik) yang berkepentingan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Kalau kamu lulus prodi ini maka prospek kariernya menjadi seorang penyanyi, komposer musik, koreografer, aktor dan lain-lain. Gajinya tentu cukup besar.

  1. Aktuaria

Khusus untuk jurusan ini mempelajai bidang matematika yang biasa disebut Matematika Asuransi. Ilmu aktuaria ialah ilmu tentang asuransi atau pengelolaan risiko keuangan di masa akan datang. Jika lulus, kamu akan jadi aktuaris. Atau bisa pula jadi penilai, pemeriksa dan penyidik klaim asuransi atau agen penjualan asuransi dan lain-lain. Masalah pendapatan tentu juga besar.



Nah, itu tadi informasi mengenai enam prodi yang minim peminat namun berpeluang kerja besar dengan gaji tinggi. Apakah ada yang menarik minatmu, Sobat Phi?

Sumber : //sumber: https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/08/16463451/6-prodi-sepi-peminat-dengan-peluang-kerja-dan-gaji-tinggi?page=all

Read previous post:
Maya-Nabila-21-Tahun-Sudah-Jadi-Mahasiswi-S3-ITB
Mahasiswa Inspiratif Maya Nabila 21 Tahun Sudah Jadi Mahasiswi S3 ITB

Close